kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pria Florida ini bobol sistem kesehatan AS senilai US$ 1,3 miliar


Minggu, 07 April 2019 / 18:10 WIB
Pria Florida ini bobol sistem kesehatan AS senilai US$ 1,3 miliar


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - FLORIDA. Sistem Jaminan kesehatan Amerika Serikat kebobolan aksi nakal seorang pria Florida. Bekerja sama dengan Rumah Sakit dan Dokter, Ia berhasil mengklaim perawatan kesehatan senilai US$ 1,3 miliar.

Mengutip Bloomberg pada Minggu (7/4), Pria ini dijatuhi hukuman pada Jumat lalu setelah menjalankan penipuan perawatan kesehatan selama 18 tahun. Jaksa menyebut aksi ini sebagai skema terbesar yang pernah didakwa oleh Departemen Kehakiman.

"Philip Esformes, seorang warga Miami Beach yang berusia 50 tahun, menggunakan jaringan panti jompo dan fasilitas tempat tinggal yang dibantu di Florida Selatan untuk menipu program-program perawatan kesehatan pemerintah AS. Sambil memberikan perawatan yang tidak memadai dan tidak perlu kepada pasien," ujar Jaksa.

Esformes menghasilkan setidaknya US$ 37 juta untuk dirinya sendiri dari tahun 1998 hingga 2016. Menurut jaksa, uang haram itu Ia gunakan untuk membiayai gaya hidupnya. Ia tercatat memiliki mobil mewah dan jam tangan senilai US$ 360.000.

Jaksa Penuntut Umum juga menyebut Esformes juga menggunakan beberapa hasil dari penipuan untuk menyuap pelatih basket Universitas Pennsylvania untuk membantu memasukkan putranya ke sekolah. Pelatih mengaku bersalah atas pencucian uang tahun lalu sehubungan dengan kasus ini.

Jaksa penuntut mengatakan Esformes menyuap dokter untuk menerima pasien ke fasilitas yang ia operasikan. Para pasien tidak mendapatkan perawatan yang tepat dan kadang-kadang menerima layanan yang tidak perlu yang kemudian ditagih oleh Esform kepada pemerintah AS.

Tak sampai di situ, Esformes juga menyuap regulator negara bagian Florida untuk mengetahui tentang inspeksi mendadak atas fasilitas perusahaan sebelumnya.

"Akibat aksinya, nilai total klaim penipuan yang diajukan perusahaan Esformes kepada Medicare dan Medicaid melebihi $ 1,3 miliar," menurut jaksa penuntut.

Juri memutuskan Esformes bersalah atas 20 tuduhan di pengadilan Distrik Selatan Florida. Tuduhan termasuk konspirasi untuk menipu Amerika Serikat, menerima suap, pencucian uang, dan konspirasi untuk melakukan suap. Dua rekan konspirator juga mengaku bersalah. Hukuman belum dijadwalkan.

Lebih dari 4.000 kasus penipuan Medicare telah dituntut sejak 2007 oleh kelompok penyelidik federal khusus. Medicare, yang mencakup sekitar 60 juta orang Amerika kebanyakan tua, dan Medicaid, yang mencakup 75 juta orang berpenghasilan rendah, dianggap oleh Kantor Akuntabilitas Pemerintah rentan terhadap penipuan dan penyalahgunaan.

Lebih dari US$ 700 miliar, atau 17 % dari pengeluaran federal, mengalir melalui program Medicare pada 2017, menurut GAO. Sekitar US$ 48 miliar dari yang dianggap tidak patut - baik pembayaran dalam jumlah yang salah atau yang seharusnya tidak dilakukan sama sekali. Pembayaran yang tidak patut tidak selalu dinilai curang.




TERBARU

[X]
×