kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rolls-Royce sediakan mesin baru untuk kapal penjaga pantai Taiwan


Jumat, 23 April 2021 / 14:19 WIB
Rolls-Royce sediakan mesin baru untuk kapal penjaga pantai Taiwan
ILUSTRASI. Kapal frigate Taiwan meluncurkan?ASROC (anti-submarine rocket) dalam latihan militer tahunan Han Kuang, 17 September 2014.


Sumber: Naval News | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - TAIWAN. Perusahaan otomotif ternama Rolls-Royce telah menghadirkan mesin 16 silinder pertama dari mtu Seri 8000 untuk Angkatan Laut Taiwan. Nantinya dua mesin 16V 8000 M71L akan dipasangkan pada kapal patroli baru untuk Penjaga Pantai Taiwan.

Dalam pernyataan resminya, Rolls-Royce menjelaskan bahwa kedua mesin tersebut masing-masing menghasilkan 7.280 kilowatt dan akan mempercepat kapal kelas 1000 ton hingga 24 knot.

Nantinya, ada sebanyak enam kapal dari kelas ini akan dibuat dengan mesin mtu, dan mesin-mesin tersebut akan dikirim pada akhir tahun 2022. Rolls-Royce juga telah menjual 20 mesin tipe baru ke pelanggan kedua.

Mesin 16V diharapkan bisa meneruskan kesuksesan pendahulunya, 20V 8000, yang telah menjadi mesin terlaris di kelas tenaganya sejak diperkenalkan sekitar 20 tahun yang lalu.

"Pengiriman ini merupakan tonggak penting bagi Seri 8000 kami. Kami bangga bahwa kami dapat meyakinkan Penjaga Pantai Taiwan tentang produk baru kami dan berharap untuk memastikan kepercayaan yang mereka berikan kepada kami," ungkap Knut Muller, Wakil Presiden Pemerintah Global di unit bisnis Rolls-Royce Power Systems, seperti dikutip Naval News.

Baca Juga: Ancaman militer China meningkat, Taiwan pastikan beli lebih banyak rudal Amerika

Mesin 16V 8000 merupakan mesin yang benar-benar baru. Secara teknis, mesin ini menggabungkan berbagai peningkatan produk yang kini diuntungkan oleh pelanggan dalam bentuk peningkatan efisiensi dan perawatan yang lebih mudah.

Menariknya, mesin ini juga sudah mematuhi regulasi emisi IMO Tier II dan juga dapat memenuhi spesifikasi emisi lain sesuai kebutuhan. Mesin juga memenuhi persyaratan ketat Penjaga Pantai Taiwan terkait kebisingan yang ditanggung struktur dan udara.

Bagi Angkatan Laut Taiwan, kehadiran mesin baru ini akan menjadi faktor yang sangat mendukung dalam aktivitas patroli di sekitar wilayah mereka yang kini sedang menegang.

Peningkatan kecepatan yang dijanjikan oleh Rolls-Royce pastinya akan memberikan keuntungan besar bagi Taiwan dalam hal mobilitas.

Mesin mtu Seri 8000 saat ini juga dipasang di kapal-kapal lain dari Penjaga Pantai Taiwan. Penjaga Pantai Taiwan saat ini sedang melaksanakan program modernisasi di mana total 141 kapal dengan berbagai ukuran akan dibangun pada tahun 2027.

Selanjutnya: Beijing: Reunifikasi Taiwan dan China tak akan akan dihentikan oleh kekuatan apa pun




TERBARU

[X]
×