kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saat pasar jatuh, perusahaan Warren Buffett pegang uang tunai setara Rp 1.744 triliun


Selasa, 06 Agustus 2019 / 09:36 WIB
Saat pasar jatuh, perusahaan Warren Buffett pegang uang tunai setara Rp 1.744 triliun


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  INVESTOR legendaris Warren Buffett ternyata memiliki banyak uang cash yang bisa digunakan untuk melakukan pembelian saham sejumlah perusahaan bagus saat pasar saham Amerika Serikat (AS) tengah merah membara akibat meningkatnya eskalasi perang dagang AS-China.

Pada hari Sabtu lalu, banyak yang kecewa karena Penyihir dari Omaha ini mengumumkan bahwa Berskhire Hathaway memiliki uang tunai yang jumlahnya mencatat rekor sebesar US$ 122 miliar atau setara Rp 1.744,6 triliun (kurs Rp 14.300).

Baca Juga: Dua cara jitu Warren Buffett membuat keputusan investasi

Dalam kesempatan itu, Warren Buffett mengatakan perusahaannya memiliki semua uang tunai tersebut jauh melampaui dari yang diinginkan.

Dalam suratnya kepada para pemegang saham, Buffett mengatakan, dia tengah memburu "akuisisi seukuran gajah", namun saat ini harganya dinilai masih terlalu mahal untuk diakuisisi. Karena itu, ia tengah menunggu momentum harga perusahaan tersebut jatuh.

"Di tahun-tahun mendatang, kami berharap untuk memindahkan sebagian besar kelebihan likuiditas kami ke dalam bisnis yang akan dimiliki secara permanen oleh Berkshire," tulis Buffett seperti dilansir foxbusiness.

"Prospek langsung untuk itu, bagaimanapun, tidak baik: Harga sangat tinggi untuk bisnis yang memiliki prospek jangka panjang yang layak," sambungnya.

Baca Juga: Saham Berkshire Hathaway termahal di dunia. Inilah strategi Warren Buffett

Buffett merupakan seorang investor nilai (value investor). Ia suka berinvestasi di perusahaan-perusahaan dengan neraca yang kuat, yang dia  yakini diperdagangkan di bawah nilai pasar mereka dan dia bisa bertahan untuk jangka panjang.

Meskipun tidak ada seorang pun yang tahu selain Buffett perusahaan yang diincar itu, tapi tangan kanannya Charlie Munger dan orang-orang kepercayaan terdekatnya benar-benar tahu perusahaan apa yang ada dalam daftar belanja Berskhire.

Simak daftar perusahaan yang diincar




TERBARU

[X]
×