kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham Microsoft mencapai rekor tertinggi didukung pertumbuhan penjualan cloud


Jumat, 19 Juli 2019 / 14:43 WIB
Saham Microsoft mencapai rekor tertinggi didukung pertumbuhan penjualan cloud


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Microsoft Corp (MSFT.O) mengalahkan estimasi para analis untuk pendapatan dan laba kuartal keempat. Raihan positif itu didorong oleh kenaikan penjualan yang berkelanjutan dari bisnis cloud-nya dan mengirimkan sahamnya ke level tertinggi sepanjang masa.

Sejak Chief Executive Satya Nadella mengambil alih pada tahun 2014, Microsoft telah bergeser dari penyedia perangkat lunak sistem operasi Windows dan menuju layanan cloud. Pertumbuhan pendapatan di platform komputasi cloud Azure mencapai 64% pada kuartal keempat pada tahun fiskal yang berakhir 30 Juni.

Microsoft tidak memberikan angka pendapatan absolut untuk Azure, memadukannya ke dalam "unit cloud cerdasnya" yang memiliki pendapatan US$ 11,4 miliar dibandingkan dengan ekspektasi analis sebesar US$ 11,0 miliar.

Microsoft juga memperkirakan antara US$ 10,3 miliar-US$ 10,5 miliar dalam penjualan cloud cerdas untuk kuartal pertama tahun fiskal, dengan titik tengah di atas perkiraan analis US$ 10,13 miliar. Perkiraan ini membuat saham Microsoft naik lebih dari 2,6% ke rekor tertinggi di atas US$ 140 dalam perdagangan setelah jam kerja.

Pertumbuhan cloud membuat nilai pasar Microsoft melampaui US$ 1 triliun untuk pertama kalinya pada bulan April. Azure Microsoft untuk pertama kalinya melaporkan pendapatan triwulanan yang sedikit lebih dari segmen berbasis Windows.

"Tekanannya jelas pada tetapi mereka dieksekusi," kata Hal Eddins, kepala ekonom untuk Penasihat Investasi Modal pemegang saham Microsoft. Menurutnya, sistem cloud adalah pendorong utama pertumbuhan bagi mereka dan tampaknya telah melukiskan Bullseye besar di belakang AWS.

Dalam bisnis cloud computing, saingan utama Azure adalah Amazon Web Services, yang mendominasi industri dengan pangsa pasar 32,8%, menurut perusahaan riset Canalys. Microsoft memiliki pangsa 14,6%, sedangkan Google memiliki 9,9%.




TERBARU

[X]
×