kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,35   -7,01   -0.75%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Serikat pekerja menentang merger Deutsche Bank dan Commerzbank


Senin, 18 Maret 2019 / 20:53 WIB
Serikat pekerja menentang merger Deutsche Bank dan Commerzbank


Sumber: Reuters | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BERLIN. Rencana merger Deutsche Bank dan Commerzbank diperkirakan akan memangkas jumlah karyawan perusahaan. Akibatnya bakal terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) sebanyak 30 ribu karyawan dalam jangka panjang, menurut perwakilan pekerja Jerman Verdi Jan Duscheck.

Verdi menegaskan, bahwa 30 ribu pekerja dalam posisi berisiko dan akhirnya diberhentikan dalam pekerjaanya. Sementara dalam jangka pendek, paling tidak sebanyak 10 ribu pekerja akan dirumahkan.

“Menurut pendapat kami, kemungkinan merger tidak akan menghasilkan model bisnis yang berkelanjutan dalam jangka panjang,” kata Verdi dilansir Reuters, Senin (18/3).

Seorang investor Deutsche Bank meragukan dampak PHK besar-besaran dari merger tersebut. Seperti diketahui, serikat pekerja dan pemegang saham memberikan klarifikasi ada hambatan dalama upaya menggabungkan dua bank besar tersebut.

Dewan pengawas kedua bank bertemu pada hari Kamis ketika merger kemungkinan akan dibahas. Pemerintah Jerman sendiri tengah khawatir terhadap kesehatan keuangan Deutsche yang tengah berjuang meningkat jumlah keuntungan perusahan sejak krisis keuangan tahun 2008.

Seorang pemegang saham utama Deutsche tidak secara fundamental menentang merger, kata seseorang yang dekat dengan pemegang saham. Ia tetapi ingin mendengar perkembangan kasus ini yang dianggap memaksakan kesepakatan merger ini.

"Kami memiliki keraguan besar tentang logika dan waktu dan ingin diyakinkan," katanya.

Bank hasil merger akan memiliki seperlima dari pasar perbankan ritel Jerman. Bersama-sama kedua bank saat ini mempekerjakan 140 ribu orang di seluruh dunia dimana sekitar 91,7 ribu orang di Deutsche Bank dan 49 ribu di Commerzbank.

Meski mendapatkan pertentangan, tapi reaksi pasar saham cenderung positif. Saham Deutsche Bank naik 3,3% pada perdagangan awal, sedangkan Commerzbank naik 4% lebih tinggi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×