kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setelah krisis ayam, KFC Inggris juga mengalami krisis saus


Kamis, 01 Maret 2018 / 16:08 WIB
Setelah krisis ayam, KFC Inggris juga mengalami krisis saus
ILUSTRASI. Gerai KFC tutup di Inggris


Sumber: CNBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - LONDON. Setelah membuka kembali restoran KFC di Inggris, Yum Brands mengumumkan pada Rabu (28/2), bahwa mereka menawarkan menu terbatas. Langkah ini dilakukan setelah persediaan KFC mengalami krisis pasokan ayam di restoran cepat saji mereka. Hanya saja, kini muncul lagi masalah kurangnya pasokan saus sambal.

Krisis di market Inggris -yang menyumbang sekitar 3% dari penjualan sistem global Yum pada 2017- muncul saat bisnis di restoran KFC mengalami pasang surut.

KFC, yang memiliki 900 restoran di Inggris dan Irlandia, mengalihkan kontrak pengirimannya dari Bidvest Logistics ke DHL pada 14 Februari. Tak lama kemudian, KFC menutup ratusan restoran di wilayah ini karena masalah internal di DHL.

Juru bicara Yum mengatakan, 97% restoran KFC di Inggris sudah dibuka kembali, namun masih tetapĀ  mengalami gangguan pasokan ayam. Sayangnya, dia enggan merinci bagaimana dampak finansial yang diderita KFC Inggris akibat penutupan tersebut.

"Karena tantangan distribusi DHL yang terus berlanjut, beberapa restoran harus melakukan pengurangan menu. Kami bekerja sekuat yang kami bisa untuk melalui hal ini. Kami tahu bahwa saus kami paling digemari masyarakat!" kata seorang juru bicara KFC.

KFC sebelumnya juga telah meminta maaf kepada pelanggan, dengan memasang iklan di surat kabar yang menampilkan foto ember ayam dengan huruf logo KFC disusun acak "FCK". Pada bagian teks yang terlampir berbunyi: "KAMI MINTA MAAF. Sebuah restoran ayam tanpa ayam. Ini tidak ideal ... Terima kasih telah memberikan dukungan kepada kami."

Krisis ayam juga telah menyebabkan pengguna Twitter di Inggris dan Irlandia untuk mengklik #WheresMyChicken agar bisa menemukan KFC terdekat yang buka dan dekat dengan lokasi mereka.

Sebuah postingan di Twitter yang ditujukan kepada pihak kepolisian di Whitefield, Manchester, bertuliskan: "Bagi mereka yang menghubungi Polisi tentang mengapa KFC kehabisan ayam ... tolong BERHENTI. Situs web mereka mengatakan bahwa gerai Prestwich sekarang terbuka jika Anda ingin mengikuti empat mobil polisi melalui drive thru."

Reuters tidak bisa memastikan apakah memang ada pelanggan yang menghubungi polisi setempat.

Di tempat lain, satu pengguna Twitter mengunggah video dua pria dengan seragam KFC membeli ayam di supermarket Asda. Dalam video tersebut, ketika seorang pria di bertanya kepada mereka tentang pembelian tersebut, salah seorang pekerja KFC menjawab: "Ayam adalah ayam, Anda tahu ... Anda masih bisa mendapatkan ayam KFC di penghujung hari."




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×