kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sinclair beli 21 jaringan olahraga Walt Disney senilai US$ 10 miliar


Jumat, 03 Mei 2019 / 19:14 WIB
Sinclair beli 21 jaringan olahraga Walt Disney senilai US$ 10 miliar


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemilik stasiun televisi terbesar di Amerika Serikat (AS), Sinclair Broadcast Group Inc telah sepakat untuk membeli 21 jaringan olahraga regional dari Walt Disney Co sebesar US$ 10 miliar.

Dilansir dari Reuters, Jumat (3/5), kesepakatan itu akan mencakup saluran-saluran olahraga di Los Angeles dan Detroit, mengutip orang yang akrab dengan hal ini. Kesepakatan akan diumumkan paling cepat Jumat, kata surat kabar Wall Street Journal.

Namun sayangnya, baik Disney dan Sinclair enggan berkomentar ketika dihubungi. 

Sebelumnya The Fox Business Network juga melaporkan minggu lalu bahwa Disney sepakat untuk menjual jaringan ke Sinclair.

Bagi Disney, transaksi tersebut akan memenuhi syarat utama untuk akuisisi aset hiburan 21st Century Fox Inc yang kini telah selesai. Penawaran tersebut termasuk untuk jaringan olahraga seperti John Malone's Liberty Media Corp, yang bekerjasama dengan Major League Baseball, dan liga bola basket Big3 AS dari Ice Cube.

Perusahaan setuju untuk menjual jaringan setelah Departemen Kehakiman AS memerintahkan Disney, yang memiliki jaringan olahraga kabel ESPN, untuk melepaskan jaringan Fox yang menyediakan program olahraga untuk pasar regional dan lokal.

Regulator khawatir perusahaan akan memiliki terlalu banyak kendali atas televisi olahraga jika memiliki ESPN dan penyiar regional. Disney harus menjual jaringan dalam waktu 90 hari setelah penyelesaian kesepakatan Fox pada pertengahan Maret.

Disney telah mengakuisisi aset film dan televisi Fox pada bulan Maret, hampir setahun setelah memenangkan penawaran dengan sejumlah pesaing, salah satunya perusahaan televisi berbayar Comcast Corp.

Sinclair telah menjadi salah satu perusahaan paling aktif di industri penyiaran selama bertahun-tahun, tetapi melalui aksi korporasi ini akan menandai arah baru. Perusahaan yang awalnya lebih fokus pada bisnis penayangan stasiun TV lokal, kemudian menjadi perusahaan yang dominan di daerah itu.

Baru-baru ini, saingannya telah tumbuh lebih tangguh. Misalnya saja, Nexstar Media Group Inc setuju untuk membeli Tribune Media Co sekitar US$ 4,1 miliar pada bulan Desember 2018. Nilai itu melewati Sinclair sebagai pemilik terbesar dari stasiun TV di AS.

Pembelian jaringan olahraga ini akan memberi Sinclair pijakan utama dalam tayangan TV kabel, dan jenis program lain yang dapat menarik bagi pengiklan. Saluran ini melayani kota-kota seperti Los Angeles, Atlanta dan Detroit, dengan permainan dari liga pro besar.

Sinclair sudah memiliki beberapa tayangan olahraga, termasuk Tennis Channel dan The Ring of Honor Wrestling Circuit.




TERBARU

[X]
×