kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,59   7,24   0.78%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SoftBank batalkan pendanaan senilai US$ 500 juta di Credit Suisse


Selasa, 21 Juli 2020 / 14:10 WIB
SoftBank batalkan pendanaan senilai US$ 500 juta di Credit Suisse
ILUSTRASI. Logo SoftBank


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - ZURICH. SoftBank telah menarik investasi lebih dari US$ 500 juta dari pendanaan yang telah diterima Credit Suisse. Penarikan itu dilakukan setelah Bank Swiss melakukan peninjauan akan dana tersebut, menurut sumber yang mengetaui hal ini, mengutip Reuters pada Selasa (21/7).

Bank Swiss telah meluncurkan tinjauan pasca Financial Times melaporkan bulan lalu bahwa SoftBank telah memasukkan dana senilai US$ 500 juta ke dalam beberapa pendanaan Credit Suisse. Pendanaan itu masuk atas pilihan dari pemberi pinjaman Greensill Capital.

Beberapa pendanaan investasi yang dilakukan Grensill dalam bentuk pinjaman bagi perusahaan lain. Dana tersebut merupakan dukungan dari SoftBank’s Vision Fund.

Baca Juga: CEO SoftBank Masayoshi Son mengundurkan diri dari Jajaran direksi Alibaba

Dalam memo kepada investor dana pada hari Senin, Bank Swiss mengatakan akan mengubah pedoman investasi supply chain finance. Juga menyebut telah mengakhiri perjanjian Credit Suisse dengan investor pada bulan April lalu. Setidaknya ada tiga dari empat investasi supply chain finance yang diperoleh yang sumber eksklusif melalui Greensill.

"Perjanjian terpisah ini baru-baru ini dihentikan dan investor telah mendapatkan kembali investasinya secara penuh," kata bank Swiss dalam surat itu.

Sebuah sumber yang mengetahui langsung tentang masalah ini mengkonfirmasi bahwa investor yang telah mengakhiri perjanjian adalah SoftBank. Grup bisnis asal Jepang itu juga telah menarik investasi penuh dari pendanaan tersebut.

Sumber kedua yang mengetahui kasus ini mengatakan lebih dari US$ 500 juta dijadwalkan untuk ditarik pada bulan Juli. Terlepas dari penyelidikan atas Credit Suisse, namun dana dari Greensill itu telah ditarik saat ini.

SoftBank menolak berkomentar. Greensill tidak segera menanggapi permintaan komentar yang dibuat melalui telepon dan email.

Dana berinvestasi ini berupa dukungan piutang dagang, atau klaim untuk pembayaran dari bisnis ke pemasoknya untuk barang atau jasa yang telah ditagih. Karena keterlambatan pembayaran dapat menyebabkan masalah arus kas bagi pemasok mereka.

Supply chain finance yang disediakan oleh Greensill memungkinkan pemasok untuk mengumpulkan faktur lebih awal dengan imbalan biaya. Greensill kemudian akan menagih pada nilai faktur dari pembeli.

Baca Juga: SoftBank mulai lego US$ 21 miliar saham T-Mobile

Credit Suisse mengatakan meskipun dalam praktiknya semua investasi dana sebelumnya berasal dari Greensill, mereka tidak menutup kemungkinan untuk memperoleh pendanaan dari tempat lain.

Credit Suisse menyebut sekitar 15% dari uang kertas yang sekarang ada pada dana tersebut didukung oleh kewajiban perusahaan di mana Dana Visi SoftBank memiliki saham minoritas.




TERBARU

[X]
×