kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SoftBank suntikkan dana US$ 2 miliar ke e-commerce Korea Selatan


Rabu, 21 November 2018 / 20:20 WIB
SoftBank suntikkan dana US$ 2 miliar ke e-commerce Korea Selatan
ILUSTRASI. SOFTBANK


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. SoftBank menyuntikkan dana sebesar US$ 2 miliar kepada perusahaan e-commerce terkemuka di Korea Selatan bernama Coupang. Melalui suntikan dana ini Coupang akan berupaya memperkuat dominasi pasar.

“Dana yang kami terima sebesar US$ 2 miliar sangat menarik, jadi kami bisa berinvestasi di lebih banyak platform berbasis teknologi. Dan hal ini memungkinkan kami terus mengembangkan inovasi,” kata pendiri sekaligus Direktur Eksekutif Coupang Bom Kim kepada Reuters, Rabu (21/11).

SofBank telah menyuntikkan dana sebesar US$ 1 miliar kepada Coupang pada tahun 2015. Sejumlah sumber terdekat menyatakan Coupang sebagai perusahaan yang mempunyai nilai valuasi saham hingga US$ 9 miliar.

Semenjak SoftBank memberikan suntikan dana, bisnis Coupang berkembang pesat dan menjadi pemain terbesar di pasar e-commerce Korea Selatan. Tahun lalu Coupang mencatatkan pendapatan sebesar KRW 2,7 triliun atau US$ 2,4 miliar. Sementara pendapatan 2018 meningkat dua kali lipat dalam satu terakhir dan sekarang telah mendekati US$ 5 miliar.

Sayangnya, dengan pencapaian pendapatan tersebut tidak dibarengi perolehan laba perusahaan. Coupang menderita kerugian sebesar KRW 1,9 triliun selama lima tahun terakhir karena membangun teknologi baru dan infrastruktur logistik.

Meskipun begitu, perusahaan e-commerce ini telah bergerak jauh dan bukan hanya sekadar situs belanja online, tetapi juga perusahaan yang mempunyai jaringan pengiriman barang terluas dan terbesar di Korea Selatan. Inilah yang membuat layanan pengiriman Coupang bisa sampai dalam waktu 24 jam.

“Kami dapat melakukan pengiriman dalam waktu singkat karena kami telah berinvestasi di bidang teknologi selama bertahun-tahun,” kata Kim.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×