kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Start up kendaraan listrik Rivian raih investasi US$ 1,3 miliar


Rabu, 25 Desember 2019 / 18:06 WIB
Start up kendaraan listrik Rivian raih investasi US$ 1,3 miliar
ILUSTRASI. Mobil pikap listrik produksi Rivian


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - PLYMOUTH. Startup kendaraan listrik Rivian mengumumkan telah meraih investasi senilai US$ 1,3 miliar. 

Mengutip Reuters Rabu (25/12), penutupan putaran investasi itu dipimpin oleh T. Rowe Price. Investor lain yang terlibat pada investasi fantasis itu ialah Amazon.com dan Ford Motor Co.

“Investasi ini menunjukkan kepercayaan terhadap tim, produk, teknologi, dan strategi kami,” ujar Chief Executive Rivian R.J. Scaringe mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Kendaraan listrik masih merupakan bagian kecil dari pasar otomotif global. Sejauh ini, Tesla masih tercatat sebagai produser terkenal. 

Baca Juga: Ford akan bangun stasiun pengisian daya kendaraan listrik terbesar di AS

China dan Eropa tengah mendorong produser mobil untuk meluncurkan kendaraan listrik. Begitu juga dengan Ford, General Motors Co dan pemain lainnya telah mengumumkan rencana investasi miliaran dolar untuk mengembangkan kendaraan listrik.

Didirikan pada tahun 2009, Rivian berencana untuk membangun truk pikap listrik, R1T, dan SUV R1S, yang dimulai pada akhir tahun 2020. Kedua model didasarkan pada teknologi skateboard yang dirancang oleh Rivian. 

Teknologi itu dapat yang mengikat motor listrik, baterai, mengontrol dan dapat mengakomodasi berbagai gaya pada tubuh kendaraan.

Sebelum pengumuman investasi ini, Rivian telah mengumpulkan investasi senilai US$ 2,2 miliar dari investor, menurut situs web investor PitchBook. 

Kala itu, valuasi perusahaan itu dihargai sekitar US$ 5 miliar hingga US$ 7 miliar. Namun valuasi total perusahaan setelah putaran investasi terbaru ini tidak segera diumumkan.

Rivian mengatakan pada hari Senin tidak ada tambahan kursi direksi baru sebagai hasil dari investasi terbaru.

T. Rowe Price telah menempatkan taruhan lain di sektor otomotif. Perusahaan ini adalah pemegang saham Tesla yang besar dan juga telah berinvestasi di divisi mengemudi mandiri Cruise milik GM. T. 

Rowe Price juga berinvestasi bersama dengan Amazon, dalam startup perangkat lunak mobil self-driving Aurora dan perusahaan pengiriman makanan online Inggris Deliveroo.

"T. Rowe Price bersemangat untuk berinvestasi di Rivian karena ia menggerakkan batas inovasi ke depan dengan solusi transportasi berkelanjutan yang menarik bagi konsumen dan bisnis," jelas Manajer Pertumbuhan Portofolio Dana Saham Stock Rowe, Joe Fath, Senin mengatakan dalam sebuah pernyataan melalui email.

Amazon, yang memiliki hubungan dan kesepakatan di industri otomotif, memimpin putaran investasi senilai US$ 700 juta di Rivian pada bulan Februari. 

Perusahaan e-commerce itu juga memesan 100.000 kendaraan pengiriman listrik dari Rivian. Van Amazon pertama akan dibangun di bekas pabrik Mitsubishi Motors Corp di Normal, Illinois, mulai tahun 2021.

Baca Juga: Jeff Bezos membeli 100.000 van listrik Rivian, pemesanan terbesar yang pernah ada

Ford menginvestasikan US$ 500 juta di Rivian pada bulan April dan berencana untuk membantu memulai produksi di Normal pada tahun 2020.

“Kami ingin mempertahankan nilai yang berarti dalam kepemilikan dan masa depan perusahaan itu,” juru bicara Ford T.R. Reid berkata pada hari Senin tentang Rivian.

Pada bulan November, beberapa sumber mengatakan kepada Reuters, Lincoln SUV bertenaga baterai, yang akan diproduksi pada pertengahan 2022, akan menjadi kendaraan Ford pertama yang dibangun di atas skateboard Rivian.

Cox Automotive Inc, pemilik pasar mobil online Autotrader dan layanan penilaian mobil Kelley Blue Book, menginvestasikan US$ 350 juta di Rivian pada bulan September.




TERBARU

[X]
×