kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sumber: Menteri Keuangan G7 mendukung perpanjangan pembekuan utang negara termiskin


Jumat, 25 September 2020 / 10:10 WIB
Sumber: Menteri Keuangan G7 mendukung perpanjangan pembekuan utang negara termiskin
ILUSTRASI. Ilustrasi utang


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Menteri keuangan negara kelompok G7 diharapkan memberi sinyal dukungan untuk memperpanjang program keringanan utang yang bertujuan membantu negara-negara termiskin mengatasi pandemi virus corona, menurut tiga sumber yang menjelaskan tentang masalah tersebut.

Mengutip Reuters, Jumat (25/9), para menteri negara maju kelompok G7 akan melakukan teleconference pada Jumat (25/9) untuk membahas perkembangan ekonomi global dan dampak lanjutan dari virus corona yang telah menginfeksi hampir 32 juta orang di seluruh dunia.

Meskipun IMF telah mendukung perpanjangan tenggat waktu akhir tahun program keringanan utang setahun hingga 2021, para menteri G7 kemungkinan akan mendukung perpanjangan awal enam bulan, kata sumber tersebut.

"Ada dukungan untuk perpanjangan enam bulan, dan akan ada diskusi tentang masalah restrukturisasi utang yang lebih luas," kata salah satu sumber.

Baca Juga: Ditawari Trump ikut KTT G7, beranikah Korea Selatan membuat China murka?

G7 akan memperdebatkan keberlanjutan utang jangka panjang negara-negara termiskin yang telah dilumpuhkan oleh tingkat utang yang tinggi bahkan sebelum pandemi melanda, kata sumber tersebut.

Diskusi tersebut mencerminkan kesadaran yang berkembang di antara komunitas global bahwa beberapa dari mereka mungkin perlu merestrukturisasi hutang mereka, kata mereka.

Sumber, yang semuanya memiliki pengetahuan tentang perundingan G7, berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara di depan umum. Tidak ada komentar segera tersedia dari Departemen Keuangan AS, yang akan menjadi tuan rumah pertemuan tersebut.

Menteri Keuangan Jepang Taro Aso mengatakan kepada wartawan pada hari Jumat bahwa dia tidak dapat berkomentar tentang apa yang akan dibahas pada pertemuan G7.

Pengesahan G7 akan membutuhkan persetujuan dari Kelompok 20 negara ekonomi utama yang lebih besar pada bulan April untuk menawarkan pembekuan pembayaran utang ke 73 negara termiskin hingga akhir tahun.

Tetapi penerapan pembekuan utang ada di depan mata, karena ovid-19 telah menghantam negara-negara termiskin dengan sangat keras, memicu seruan untuk perpanjangan program, yang dijuluki Inisiatif Penangguhan Layanan Utang (DSSI).

Presiden Bank Dunia David Malpass mengatakan dalam sebuah posting blog minggu lalu bahwa meskipun inisiatif keringanan utang G20 adalah awal yang baik, solusi yang lebih dalam dan lebih tahan lama diperlukan.

"Moratorium pembayaran utang saat ini terlalu dangkal untuk memberikan penerangan di akhir terowongan utang," katanya.

Ia menambahkan bahwa IMF dan Bank Dunia akan melihat "langkah tambahan pada hutang untuk membebaskan sumber daya" pada pertemuan tahunan mereka berikutnya. 

Selanjutnya: Uni Eropa menolak usulan masuknya Rusia ke kelompok G7




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×