kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tarif impor terhadap LNG AS, senjata baru China dalam perang dagang


Sabtu, 04 Agustus 2018 / 05:50 WIB
Tarif impor terhadap LNG AS, senjata baru China dalam perang dagang
ILUSTRASI. LNG PetroChina


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK/BEIJING. Tarif yang diusulkan China terhadap gas alam cair dan ekspor minyak mentah asal Amerika Serikat (AS) membuka front baru dalam perang dagang antara kedua negara, pada saat Gedung Putih melesat semakin meningkatnya kekuatan ekspor energi AS .

China memasukkan LNG untuk pertama kalinya dalam daftar tarif yang diusulkan pada hari Jumat, hari yang sama dengan pembeli minyak mentah terbesar AS, Sinopec, menghentikan impor minyak mentah AS karena perselisihan itu. Tiga sumber yang akrab dengan situasi tersebut mengaktakan kepada Reuters.

Pada hari Jumat, China mengumumkan tarif pembalasan atas barang-barang AS senilai US$ 60 miliar, dan memperingatkan langkah-langkah lebih lanjut, menandakan bahwa pihaknya tidak akan mundur dalam perang dagang yang berlarut-larut dengan Washington.

Rencana itu bisa membayang-bayangi ambisi dominasi energi Presiden AS Donald Trump. Pemerintah telah berulang kali mengatakan ingin memperluas pasokan bahan bakar fosil ke sekutu global, sementara Washington kembali menggulirkan peraturan domestik untuk mendorong lebih banyak produksi minyak dan gas.

“Penjajaran di sini jelas: sulit untuk menjadi kekuatan super energi ketika salah satu konsumen energi terbesar di dunia meningkatkan hambatan untuk mengkonsumsi energi itu. Itu membuatnya sangat sulit, "kata Michael Cohen, kepala riset pasar energi di Barclays.

Amerika Serikat adalah eksportir bahan bakar terbesar dunia seperti bensin dan solar, dan siap untuk menjadi salah satu eksportir LNG terbesar pada tahun 2019. Ekspor LNG AS bernilai US$ 3,3 miliar pada 2017. China adalah pengimpor minyak mentah terbesar dunia.

China telah membatasi impor LNG AS selama dua bulan terakhir, bahkan sebelum masuknya secara resmi dalam daftar tarif potensial. China juga menjadi pembeli terbesar minyak mentah AS di luar Kanada, tetapi Kpler, yang melacak pengiriman minyak di seluruh dunia, menunjukkan kargo minyak mentah ke China juga telah turun dalam beberapa bulan terakhir.

Itu terjadi pada saat Amerika Serikat memiliki beberapa fasilitas ekspor LNG skala besar yang sedang dibangun, dan setelah perjalanan Trump pada akhir 2017 ke China yang termasuk eksekutif dari perusahaan-perusahaan LNG AS.

China menjadi importir LNG terbesar kedua di dunia pada tahun 2017 karena membeli lebih banyak gas untuk menghindarkan negara dari batu barakotor demi mengurangi polusi.

"Ini tidak akan mempengaruhi perdagangan tetapi hanya akan membuat gas lebih mahal bagi konsumen China," kata Charif Souki, ketua Tellurian Inc, salah satu dari beberapa perusahaan yang ingin membangun terminal ekspor LNG baru.

China, yang membeli hampir 14 persen dari semua LNG AS yang dikirim antara Februari 2016 dan Mei 2018, telah mengambil pengiriman hanya dari satu kapal yang meninggalkan Amerika Serikat pada bulan Juni dan tidak ada sejauh ini di bulan Juli, dibandingkan dengan 17 dalam lima bulan pertama dari tahun.

"Industri gas AS akan jauh lebih terpukul oleh ini karena China hanya mengimpor volume kecil sedangkan pemasok AS melihat China sebagai pasar masa depan yang besar," kata Lin Boqiang, profesor studi energi di Universitas Xiamen di China.

Sementara itu, menurut Kpler, ekspor minyak mentah ke China turun menjadi sekitar 226.000 barel per hari (bpd) pada Juli, setelah mencapai rekor 445.000 bpd pada Maret. Sinopec, melalui lengan perdagangan Unipec, adalah pembeli terbesar minyak mentah AS.

China kemungkinan akan menaikkan pembelian dari Arab Saudi, Rusia, Uni Emirat Arab dan Irak jika tarif memperlambat arus AS, kata Neil Atkinson, kepala divisi industri minyak dan pasar di Badan Energi Internasional.

Akan ada "orang lain yang akan menawarkan barel ke China, sehingga bisa menemukan dirinya dapat menggantikan volume yang hilang dari AS," kata Atkinson.

Dengan permintaan LNG yang diperkirakan akan meroket selama 12 hingga 18 bulan ke depan, masih ada sekitar dua lusin perusahaan yang berusaha membangun terminal ekspor LNG baru di Amerika Serikat dan tarif dapat membatasi kemampuan mereka untuk mengamankan pembeli yang cukup untuk membiayai proyek-proyek yang diusulkan.

"Cheniere terus melihat China sebagai pasar pertumbuhan penting dan LNG sebagai 'win-win' antara Amerika Serikat dan China," kata Eben Burnham-Snyder, juru bicara di Cheniere Energy Inc, yang memiliki salah satu dari dua terminal ekspor LNG saat ini beroperasi di Amerika Serikat. Dia menambahkan mereka tidak melihat tarif sebagai produktif.

Satu proyek yang sedang dikembangkan adalah di Alaska, yang akan membawa gas alam melalui pipa sepanjang 800 mil (1.287 km) melintasi negara bagian ke terminal yang akan mengubahnya menjadi LNG untuk dibawa ke China.

Proyek US$ 43 miliar masih dalam pengembangan, dan Alaska Gasline Development Corp mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya percaya "ketegangan perdagangan saat ini antara Amerika Serikat dan China akan diselesaikan dengan baik sebelum ekspor LNG Alaska ke China."




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×