kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tegang! Korsel dan Korut terlibat aksi saling tembak di zona demiliterisasi


Senin, 04 Mei 2020 / 04:17 WIB
Tegang! Korsel dan Korut terlibat aksi saling tembak di zona demiliterisasi
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri penyelesaian pabrik pupuk, bersama adik perempuannya Kim Yo Jongm di sebuah wilayah di bagian utara ibukota, Pyonyang, pada gambar yang disiarkan oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA), Sabtu (2/5/2020). KC


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - PYONGYANG. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tidak menjalani operasi selama hampir tiga minggu absen dari kehidupan publik, seorang pejabat Korea Selatan mengatakan pada hari Minggu, ketika kedua Korea saling tembak di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua belah pihak.

Pejabat pemerintah menolak memberikan alasan, tetapi mengatakan laporan spekulatif bahwa Kim telah menjalani operasi, mengutip beberapa perbedaan dalam gerakan kakinya, tidak benar.

"Penilaian kami adalah bahwa (Kim) tidak menjalani operasi," kata pejabat itu, yang menolak disebutkan namanya, kepada wartawan. Ditanya apakah laporan media tentang Kim yang menjalani perawatan medis sederhana juga tidak benar, pejabat itu hanya mengatakan: "Ya."

Baca Juga: Panic buying warga Korut terpicu ketidakjelasan nasib Kim Jong Un

Korea Utara dan Korea Selatan bertukar senjata di sekitar pos penjagaan desa, meningkatkan ketegangan sehari setelah media pemerintah Korea Utara menunjukkan Kim mengunjungi sebuah pabrik, laporan pertama dia muncul di depan umum sejak 11 April.

Beberapa tembakan dilancarkan dari Korea Utara ke pos penjagaan di Korea Selatan, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Korea Selatan merespons dengan menembakkan dua tembakan ke arah Korea Utara, kata JCS. Tidak ada korban yang dilaporkan.

Baca Juga: Trump pilih tidak berkomentar soal kemunculan Kim Jong Un

Setelah berminggu-minggu spekulasi kuat tentang kesehatan dan keberadaan Kim, yang mencakup satu laporan bahwa ia telah menjalani operasi kardiovaskular, media resmi Korea Utara menerbitkan foto-foto dan laporan pada hari Sabtu bahwa Kim telah menghadiri penyelesaian pabrik pupuk.

Kim terlihat di foto-foto tersenyum dan berbicara dengan para pembantu di upacara pemotongan pita dan berkeliling pabrik. Rekaman TV pemerintah menunjukkan gerakan kaki Kim tampak kaku dan tersentak-sentak.

Keaslian foto, yang diterbitkan di situs web surat kabar resmi Rodong Sinmun, tidak dapat diverifikasi.

Baca Juga: Menlu AS: Kami masih tidak mengetahui keberadaan Kim Jong Un

Korea Utara yang tertutup selama bertahun-tahun mengejar program nuklir dan rudal yang bertentangan dengan sanksi Dewan Keamanan AS. Pembicaraan antara Korea Utara dan Amerika Serikat, disorot oleh tiga pertemuan antara Kim dan Presiden AS Donald Trump, terhenti.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×