kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tencent beli pembuat gim Clash of Clans


Kamis, 23 Juni 2016 / 12:42 WIB
Tencent beli pembuat gim Clash of Clans


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Yudho Winarto

BEIJING. Tencent Holdings Ltd akan mengakuisisi perusahaan pembuat gim Clash of Clans, Supercell Oy. Nilai akuisisi tersebut mencapai US$ 8,6 miliar. Supercell merupakan pembuat gim yang bermarkas di Helsinki, Finlandia.

Tencent, pembuat gim terbesar asal China, nantinya membeli saham mayoritas di Supercell milik Softbank Group Corp. Total saham yang akan Tencent ambil sekitar 84,3%. Dari jumlah itu, Tencent akan membeli 72,2% saham milik Softbank. Sisanya saham yang dimiliki karyawan dan mantan karyawan Supercell.

Pembelian Supercell akan memperkuat posisi Tencent di luar China. Maklum, selama ini Tencent masih mengandalkan pasar dalam negeri, walaupun Tencent memiliki pengembang gim di luar negeri seperti Epic Games dan Riot Games.  Akuisisi Supercell ini bakal mendorong pasar game online Tencent lebih agresif.

Transaksi terbesar

Akuisisi Supercell senilai US$ 8,6 miliar ini akan menjadi yang terbesar dalam industri gim dunia. Dalam transaksi ini, Tencent tidak sendiri. Perusahaan ini akan membentuk sebuah konsorsium.  Hanya saja, Tencent tetap akan menjadi pemilik mayoritas Supercell.

Ke depan, Tencent akan mendistribusikan gim buatan Supercell di China. "Kami sangat senang Supercell bergabung sehingga kami bisa bergabung dalam jaringan global dan meningkatkan keuntungan," kata Presiden Tencent Martin Lau dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Bloomberg.

Nilai kesepakatan Supercell lebih dari empat kali dari pendapatan pada tahun lalu. Pendapatan Supercell yang juga pembuat gim Boom Beach dan Hay Day ini melonjak 36% menjadi € 2,1 miliar atau setara dengan US$ 2,4 miliar pada tahun 2015.

Sementara itu laba sebelum pajak tercatat sebesar € 880 juta.  "Bermitra dengan Tencent akan mengamankan Supercell," kata CEO Supercell, Ilkka Paananen.

Analis Keuangan Independen Richard Windsor mengatakan, gim Clash of Clans akan menjadi lima aplikasi terlaris dalam waktu lama. "Ini platform yang besar untuk Tencent sehingga mereka bisa membangun posisi pasar di negara maju," kata dia seperti dikutip Reuters.

Akuisisi pengembang gim memang marak. Tahun lalu, pembuat gim Activision Blizzard asal Amerika Serikat membeli King Digital Entertaiment, pembuat gim Candy Crush. Nilai transaksinya kala itu sebesar US$ 5,9 miliar.

Microsoft juga dikabarkan mengincar pembuat gim Razer. Tahun lalu diberitakan Microsoft bersedia membayar US$ 1 miliar untuk akuisisi itu. Razer memiliki penggemar masif untuk gim yang dimainkan di komputer.             


Berita Terkait



TERBARU

[X]
×