kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Topan super Goni menghantam Filipina dengan angin kencang dan hujan deras


Minggu, 01 November 2020 / 08:59 WIB
Topan super Goni menghantam Filipina dengan angin kencang dan hujan deras
ILUSTRASI. Topan super melesat ke bagian selatan pulau utama Filipina, Luzon pada Minggu (1/11).


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - MANILA. Topan super melesat ke bagian selatan pulau utama Filipina, Luzon pada Minggu (1/11), membawa angin kencang yang dahsyat dan dua kali hujan lebat sejauh ini.

Topan Goni adalah badai terkuat di dunia sepanjang tahun ini. Topan ini terus menambah kekuatan dengan kecepatan angin dan tiupan angin berkelanjutan 225 kilometer per jam hingga 310 kilometer per jam.

Otoritas Filipina mengevakuasi hampir satu juta orang ke tempat yang lebih aman sebelum Goni mendekati provinsi timur dan mendarat di Catanduanes dan Albay di wilayah Bicol.

Biro cuaca mengatakan angin kencang yang dahsyat dan curah hujan yang deras diperkirakan akan melanda provinsi Bicol serta sebagian Quezon, Laguna dan Batangas, selatan ibu kota Manila. "Ini situasi yang sangat berbahaya untuk daerah-daerah ini," ungkap Biro Cuaca, Minggu (1/11) pagi.

Baca Juga: Topan paling kencang di dunia melewati Filipina hari ini, jutaan warga dievakuasi

Ibukota Manila juga berada dalam jalur yang diproyeksikan Goni, badai tropis ke-18 di Filipina. Hujan deras ketiga diperkirakan akan melanda provinsi Quezon pada hari itu, kata peramal cuaca Lorie dela Cruz kepada sebuah stasiun radio.

Badan manajemen bencana mengatakan bahwa badai ini akan memengaruhi antara 19 juta hingga 31 juta orang, termasuk mereka yang berada di zona bahaya.

Peringatan gelombang badai telah dikeluarkan. Sementara para pejabat juga telah mengingatkan mereka yang berada di pusat evakuasi untuk mengamati jarak sosial karena penyebaran virus corona juga menjadi perhatian.

Baca Juga: Vietnam siap mengevakuasi 1,3 juta orang saat topan mendekat

Lusinan penerbangan internasional dan domestik telah dibatalkan karena otoritas penerbangan sipil memerintahkan penutupan satu hari dari gerbang utama Manila, Bandara Internasional Ninoy Aquino.

Goni adalah salah satu topan terkuat yang melanda Filipina sejak Haiyan, yang menewaskan lebih dari 6.300 orang pada 2013. Ini terjadi setelah Topan Molave, yang melanda Filipina bulan lalu menewaskan 22 orang, sebagian besar karena tenggelam di provinsi selatan Manila.

Baca Juga: Besok, topan terkuat di dunia menghampiri, Filipina evakuasi ribuan penduduk




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×