kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump desak Mahkamah Agung AS hentikan upaya Kongres mendapatkan catatan keuangannya


Sabtu, 16 November 2019 / 06:55 WIB
Trump desak Mahkamah Agung AS hentikan upaya Kongres mendapatkan catatan keuangannya
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump membuat pernyataan di Gedung Putih setelah laporan bahwa pasukan AS menyerang pemimpin Negara Islam Abu Bakar al-Baghdadi di Suriah utara, di Washington, AS, 27 Oktober 2019.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada hari Jumat meminta Mahkamah Agung AS untuk memblokir putusan pengadilan yang lebih rendah yang memerintahkan perusahaan akuntansi menyerahkan catatan keuangannya ke panel kongres yang dipimpin Partai Demokrat.

Hal ini menciptakan bentrokan besar antara cabang-cabang pemerintahan.

Baca Juga: Wall Street rekor dipicu harapan kesepakatan dagang & melonjaknya saham kesehatan

Trump berpaling ke Mahkamah Agung setelah Pengadilan Banding AS untuk Distrik Columbia memutuskan pada hari Rabu bahwa mereka tidak akan meninjau kembali keputusannya pada bulan Oktober yang mendukung wewenang Komite Pengawas Dewan Perwakilan Rakyat untuk memanggil Mazars LLP, firma akuntansi lama Trump.

Dalam kasus terpisah, Trump pada hari Kamis meminta Mahkamah Agung untuk meninjau putusan pengadilan banding federal yang berbasis di New York bahwa jaksa setempat dapat menegakkan panggilan pengadilan juga dikeluarkan untuk Mazars menuntut pengembalian pajak pribadi dan perusahaan Trump dari 2011 hingga 2018.

Pengacara presiden Republik menyebut panggilan pengadilan Komite Pengawas kepada Mazars tidak sah.

Baca Juga: Wilbur Ross: Ada kemungkinan AS terapkan tarif tambahan mulai 15 Desember

Putusan pengadilan yang lebih rendah, jika dibiarkan utuh, akan membawa DPR dari Partai Demokrat lebih dekat untuk menjelaskan pekerjaan internal kepentingan bisnis Trump bahkan ketika mereka melakukan penyelidikan impeachment terhadapnya dengan fokus pada urusannya dengan Ukraina.

Kasus ini merupakan pertikaian penting di pengadilan AS atas kekuasaan presidensial versus kekuasaan Kongres.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×