kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,46   -25,27   -2.62%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump me-retweet video pendukung yang berteriak kekuatan kulit putih, lalu dihapus


Senin, 29 Juni 2020 / 09:02 WIB
Trump me-retweet video pendukung yang berteriak kekuatan kulit putih, lalu dihapus
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump. REUTERS/Leah Millis


Sumber: BBC,Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden AS Donald Trump me-retweet sebuah video yang menunjukkan salah satu pendukungnya di Florida meneriakkan kalimat "kekuatan kulit putih" pada aksi unjuk rasa atas pemerintahannya. Hal itu memicu kemarahan dari pihak sekutu dan musuh Trump, ketika aksi demonstrasi terus berlanjut setelah kematian George Floyd.

Melansir Reuters, video di Twitter, yang kemudian dihapus dari feed Twitter presiden, menunjukkan para pengunjuk rasa dan pendukung Trump di Florida saling meneriakkan kata-kata kotor. Setelah seorang pengunjuk rasa menyebut pendukung Trump seorang rasis, pria itu menanggapi dengan mengangkat tinjunya dan berteriak, "kekuatan kulit putih." Slogan ini sering digunakan oleh kelompok supremasi kulit putih.

Baca Juga: Sejumlah perusahaan raksasa boikot pasang iklan, Facebook akhirnya mau beri label

"Tidak ada pertanyaan bahwa dia seharusnya tidak me-retweet itu dan dia hanya harus menghapusnya," jelas Senator AS Tim Scott  kepada program "State of the Union" CNN.

Dalam tweet itu, Trump menulis: "Terima kasih kepada orang-orang hebat di The Villages", sebuah komunitas pensiunan di Florida yang ia kunjungi tahun lalu.

Juru bicara Gedung Putih Judd Deere mengatakan presiden adalah penggemar berat The Villages. "Dia tidak mendengar satu pernyataan yang dibuat di video. Yang dia lihat adalah antusiasme yang luar biasa dari banyak pendukungnya," katanya.

Baca Juga: Mengharukan, ini pidato lengkap adik George Floyd di hadapan Kongres AS

Tweet itu muncul setelah respons Trump yang bermusuhan terhadap aksi protes terhadap ketidakadilan rasial yang melanda Amerika Serikat setelah kematian Floyd, seorang pria kulit hitam tak bersenjata yang meninggal setelah seorang perwira polisi kulit putih berlutut di lehernya selama hampir sembilan menit di Minneapolis.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×