kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

UE menolak ultimatum Iran atas kesepakatan nuklir


Kamis, 09 Mei 2019 / 19:45 WIB
UE menolak ultimatum Iran atas kesepakatan nuklir


Sumber: The Guardian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Uni Eropa dan menteri luar negeri Jerman, Prancis dan Inggris mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka tidak akan menerima ultimatum Iran atas kesepakatan nuklir yang ditandatangani pada tahun 2015. Akan tetapi negara-negara tersebut mengakui perbedaan tajam dengan AS tentang bagaimana mengubah perilaku Teheran.

Para pemimpin Eropa, yang semakin terhambat oleh tekad AS untuk melemahkan Iran, juga mengatakan mereka masih berkomitmen terhadap kesepakatan itu dan tidak pada tahap ini melihat ancaman baru dari Teheran.

Hari Rabu (8/5), presiden Iran Hassan Rouhani mengurangi kewajiban Iran berdasarkan kesepakatan dan mengatakan negaranya akan mengambil langkah lebih lanjut dalam 60 hari pada pengayaan uranium jika UE tidak berbuat lebih banyak untuk membantu sektor minyak dan perbankan Iran. 

"Kami menolak ultimatum apa pun dan kami akan menilai kepatuhan Iran berdasarkan kinerja Iran mengenai komitmen terkait nuklirnya di bawah rencana aksi komprehensif bersama dan perjanjian tentang non-proliferasi senjata nuklir." tanggapan Uni Eropa merespon pernyataan presiden Iran seperti dikutip dari The Guardian.

Sebagai catatan, kesepakatan yang ditandatangani oleh Iran, Rusia, Cina, AS, dan tiga negara Uni Eropa, Prancis, Inggris, dan Jerman terkait nuklir pada tahun 2015 dikenal dengan istilah JCPOA..

Uni Eropa juga mengatakan mereka menyesalkan penerapan kembali sanksi oleh AS setelah menarik diri dari perjanjian nuklir tahun lalu dan menambahkan bahwa Uni Eropa tetap berkomitmen untuk melestarikan dan sepenuhnya menerapkan kesepakatan, termasuk membantu rakyat Iran menikmati manfaat dari bantuan sanksi.

AS mengecam sanksi lebih lanjut pada hari Rabu, terutama berfokus pada industri pertambangan Iran dan tampaknya dirancang untuk mendorong manufaktur Iran lebih dalam ke dalam resesi yang berpotensi memicu keretakan antara pekerja kerah biru dan pemerintah.

"Teheran dapat mengharapkan tindakan lebih lanjut kecuali secara fundamental mengubah perilakunya," kata Presiden AS Donald Trump dalam sebuah pernyataan.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×