kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,87   8,42   0.91%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Umumkan stock split 5: 1, saham Tesla langsung ngegas


Rabu, 12 Agustus 2020 / 17:42 WIB
Umumkan stock split 5: 1, saham Tesla langsung ngegas
ILUSTRASI. Seorang pria memakai masker pelindung menyusul penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) berjalan melewati mobil Tesla Model 3 dan mobil sport Tesla Model X di sebuah ruang pameran Tesla baru di Shanghai, China, Jumat (8/5/2020). REUTERS/Yilei Sun


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Tesla mengumumkan akan melakukan pemecahan saham atau stock split 5:1. Pengumuman yang dirilis pada Selasa malam (11/8) itu langsung membuat saham produsen mobil listrik itu melambung. 

Mengutip Reuters, Rabu (12/8), saham Tesla diperdagangkan di kisarana US$ 1.475 atau naik 7%. Ini merupakan kenaikan harga tertinggi di Bursa Wall Street. 

Baca Juga: Draf sudah diteken, Trump serius bakal melarang TikTok di Amerika Serikat

Sepanjang tahun ini, saham perusahaan miliki milliader Elon Musk itu telah meroket sebesar 200%. Sementara saham produsen mobil lainnya seperti General Motor dan Ford Motor justru mengalami penurunan akibat dampak pandemi Covid-19. 

Tesla dalam keterangan resminya menjelaskan, stock split ditujukan untuk membuat sahamnya lebuh mudah diakses oleh karyawan dan juga investor ritel.  Dengan pemecahan nilai saham itu maka akan berpotensi menarik investor individu untuk melakukan perdagangan kecil.

Setiap pemegang satu saham Tesla yang tercatat pada 21 Agustus akan mendapatkan empat saham tambahan setelah  penutupan perdagangan pada 28 Agustus. Perdagangan saham dengan nominal baru hasil stock split akan dimulai pada 31 Agustus.

Rencana stock split Tesla ini menyusul langkah serupa yang dilakukan Apple Inc pada akhir Juli lalu yakni stock split 4:1. Dalam beberapa tahun terakhir, jarang dilakukan di Wall Street.

Baca Juga: China: Pesawat mata-mata AS di Laut China Selatan ancam keselamatan penerbangan sipil

Hanya tiga emiten yang terdaftar di  S&P 500 melakukan langkah itu tahun ini. Padahal selama satu dekade terakhir, rata-rata tercatat 10 emiten melakukan stock split setiap tahunnya. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×