kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Utang tersembunyi China mencapai US$ 2,3 triliun


Rabu, 24 Maret 2021 / 14:49 WIB
Utang tersembunyi China mencapai US$ 2,3 triliun
ILUSTRASI. Ilustrasi utang China.;Sumber foto : boc.cn


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Pemerintah Daerah (Pemda) China memiliki 14,8 triliun yuan atau setara US$ 2,3 triliun utang tersembunyi pada tahun lalu. Angka tersebut juga diperkirakan bakal meningkatkan lebih besar di tahun ini, menurut sebuah lembaga yang bermitra dengan pemerintah. Pemda China memang sedang berada di bawah tekanan untuk meningkatkan investasi infrastruktur guna menopang pertumbuhan di tengah pandemi. 

Upaya itu praktis menyebabkan pinjaman off budget China naik 6% dari level terendah baru-baru ini sebesar 13,9 miliar yuan pada kuartal III tahun 2019, menurut Liu Lei, Peneliti di National Institution for Finance and Development. 

Melansir artikel Bloomberg, Rabu (24/3) utang tersembunyi itu terdiri dari dana yang dikumpulkan oleh lembaga terkait pemerintah untuk infrastruktur dan proyek publik lainnya yang mencakup jaminan pembayaran kembali (repayment). 

Obligasi yang dijual oleh perusahaan kendaraan pembiayaan pemerintah daerah, atau LGFV adalah salah satu contoh upaya otoritas provinsi mengumpulkan dana untuk meningkatkan pengeluaran tanpa memasukkannya ke dalam neraca resmi. 

Baca Juga: Produksi harian vaksin corona China naik tiga kali lipat dalam dua bulan

China di sisi lain sudah berjanji untuk menstabilkan rasio leverage makro dan menurunkan rasio utang pemerintah tahun ini untuk mengendalikan risiko. 

Namun, langkah tersebut cukup sulit dicapai lantaran anggaran pengeluaran saat ini tidak cukup untuk menutupi investasi yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan pada tahun 2035. 

"Pemda akan menemukan cara untuk meningkatkan utang tersembunyi karena mereka berada di bawah tekanan untuk memperluas investasi," ujar Liu. 

Apalagi, dalam jangka panjang kondisi ekonomi masih menghadapi banyak hambatan termasuk lingkungan eksternal yang tidak pasti dan populasi yang menua. China tidak memiliki akun resmi dari utang tersembunyi Pemda, karena secara teknis melanggar hukum. 

Adapun, jumlah utang yang nilainya triliunan dolar itu mencakup dana perwalian terkait pemerintah, asuransi dan perusahaan investasi lainnya. 

Angka itu bahkan tidak memperhitungkan pinjaman bank untuk LGFV, yang dapat digunakan untuk proyek komersial selain proyek kesejahteraan masyarakat. 

Utang itu menurutnya bisa menghasilkan lebih dari 700 miliar yuan per tahun, termasuk pembayaran bunga tambahan. Pasalnya, pinjaman semacam itu sedikit lebih mahal ketimbang penerbitan oblgasi pemerintah. 

Selanjutnya: Manila-Beijing bersiteru di Laut China Selatan, Amerika bela Filipina




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×