kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wah, Bank di Denmark tawarkan KPR tanpa bunga


Rabu, 14 Agustus 2019 / 23:00 WIB
Wah, Bank di Denmark tawarkan KPR tanpa bunga
ILUSTRASI. DANSKE BANK


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -DENMARK. Jika di Indonesia tengah ramai kabar banyak nasabah menjerit akibat bunga Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) naik di saat bunga acuan turun, di Denmark justru tengah menghadapi era bunga KPR sangat rendah. Bahkan, ada bank malah menawarkan bunga negatif.

Jyske Bank misalnya, bank terbesar ketiga di Denmark tengah menawarkan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dengan tingkat bunga negatif 0,5%. Artinya, alih-alih mencari untung, bank ini sebetulnya justru membayar orang yang melakukan peminjaman.

Baca Juga: Kesenjangan Utara-Selatan di Eropa, Pertarungan Perebutan Dana

Mengutip Business Inside Singapura, Rabu (14/8), bunga KPR tersebut ditawarkan Jyske Bank merupakan bunga tetap selama 10 tahun. Jika konsumen mengambil KPR sebesar US$ 1 miliar, maka dengan tawaran bunga negatif itu mereka cukup membayar US$ 995% ke bank.

Mikkel Høegh, Ekonom Perumahan dari Jyske Bank mengatakan, kebijakan tersebut merupakan bab lain dalam sejarah KPR alias mortgage. "Beberapa bulan yang lalu, kami melihat hal ini (bunga negatif) tidak mungkin. Ini kejutan luar biasa dan tentu ini akan membuka peluang baru agar orang memiliki rumah," katanya.

Walaupun bunga KPR ditawarkan negatif, namun perlu juga dicatat, bank juga sering membebankan biaya yang berkaitan dengan pinjaman. Artinya, pemilik rumah masih harus membayar lebih.

Langkah tawaran bunga negatif KPR yang dilakukan Jyske Bank ini merupakan berita terbaru dari serangkaian penawaran bunga sangat rendah yang ditawarkan bank di Denkmark belakang.

Sebelumnya, Nordea Bank yakni pemberi pinjaman terbesar di Skandinavia dikabarkan akan menawarkan KPR dengan suku bunga tetap 20 tahun dengan bunga 0%. Bloomberg juga melaporkan bahwa beberapa pemberi pinjaman Denmark menawarkan KPR untuk jangka 30 tahun dengan bunga 0,5%.

Lise Nytoft Bergmann, kepala analis Unit Keuangan Perumahan Nordea di Denmark mengatakan, belum pernah ada sebelumnya meminjam uang semurah itu. Tetapi ada alasan di balik itu. Pasar keuangan saat ini berada dalam fluktuasi dan ketidakpastian. Faktor penyebabnya termasuk perang dagang AS-Cina, Brexit, dan perlambatan ekonomi umum di seluruh dunia dan khususnya di Eropa.

Banyak investor takut kehancuran besar dalam waktu dekat. Oleh karena itu,beberapa bank bersedia meminjamkan uang dengan kurs negatif, menerima kerugian kecil daripada mempertaruhkan kerugian yang lebih besar dengan meminjamkan uang dengan kurs lebih tinggi yang tidak dapat dipenuhi oleh pelanggan.




TERBARU

[X]
×