kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WHO peringatkan dunia: Jangan sia-siakan kesempatan kedua untuk melawan virus corona


Jumat, 27 Maret 2020 / 13:00 WIB
WHO peringatkan dunia: Jangan sia-siakan kesempatan kedua untuk melawan virus corona
ILUSTRASI. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. REUTERS/Denis Balibouse


Sumber: The Star | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JENEWA. Pimpinan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa dunia telah menyia-nyiakan kesempatan pertama untuk mengalahkan Covid-19 dalam dua bulan terakhir. Itu sebabnya, dunia tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan yang kedua saat ini.

Melansir The Star, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dunia telah mengatasi banyak pandemi dan krisis sebelumnya dan optimistis bisa mengatasi hal ini pula.

"Pertanyaannya adalah seberapa besar harga yang akan kita bayarkan," katanya pada konferensi pers virtual dari Jenewa.

Baca Juga: Data terkini: Jumlah kasus corona global lampaui 500.000, dengan 22.000 kematian

Menurut Tedros, berapa banyak nyawa yang akan hilang akan ditentukan oleh keputusan yang diambil seseorang dan tindakan yang mereka lakukan. Menurut WHO, lebih dari 16.000 orang sejauh ini meninggal karena Covid-19.

Dia mengakui bahwa tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang diambil oleh banyak negara telah menimbulkan biaya sosial dan ekonomi yang signifikan, seperti menutup sekolah dan bisnis, membatalkan acara olahraga dan meminta orang untuk tinggal di rumah.

Beberapa negara ini sekarang mencoba menilai kapan dan bagaimana mereka akan dapat menjalankan langkah-langkah ini. "Jawabannya tergantung pada apa yang dilakukan negara," kata kepala WHO.

Baca Juga: WHO: Harusnya dua bulan lalu dunia bertindak cegah wabah corona

China, yang telah menunjukkan keberhasilan dalam penanggulangan virus ini, sedang mengurangi pengetatan kebijakan di banyak kota, termasuk pencabutan sebagian dari penguncian di Wuhan pada 8 April.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada hari Selasa bahwa ia ingin bisnis AS kembali dibuka menjelang Paskah, yang jatuh pada 12 April tahun ini.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×