kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yahoo Japan akan membeli Zozo dengan total nilai US$ 3,7 miliar


Kamis, 12 September 2019 / 10:03 WIB
Yahoo Japan akan membeli Zozo dengan total nilai US$ 3,7 miliar
ILUSTRASI. Merger Akuisisi


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Yahoo Japan Corp berniat menjadi pemegang saham pengendali lewat akuisisi 50,1% saham ritel fesyen online Zozo Inc di harga ¥ 400 miliar atau setara US$ 3,70 miliar. Ini adalah upaya Yahoo bersaing di ritel online dengan Amazon.com Inc dan Rakuten Inc.

Pendiri Zozo, Yusaku Maezawa akan menjual sekitar 30% saham perusahaan ritel ini dalam penawaran tender Yahoo Japan. Setelah penjualan, Maezawa hanya akan memiliki 6% saham Zozo.

Maezawa pun akan mundur dari jabatannya sebagai CEO Zozo, yang masih berjuang setelah strategi yang gagal beberapa kali.

Baca Juga: Ekspansi di Amerika Latin, SoftBank incar perusahaan modal ventura

Yahoo Japan menawar Zozo di harga ¥ 2.620 per saham, lebih tinggi 21% ketimbang harga penutupan Zozo pada hari Rabu lalu. Setelah pengumuman ini, harga saham Zozo melejit 19% dan harga saham Yahoo Japan naik sekitar 4%.

Menurut data Refinitiv, Zozo memiliki nilai pasar sekitar ¥ 680 miliar. Kesepakatan dengan Yahoo ini akan mempertebal kocek Maezawa hingga sekitar US$ 2,3 miliar. "Saya akan mempercayakan Zozo kepada presiden baru dan mengambil jalan saya sendiri," kata Maezawa dalam sebuah posting Twitter.

Pengusaha ini menarik perhatian karena gaya hidupnya yang mencolok, termasuk membeli lukisan Jean-Michel Basquiat dengan haga US$ 110 juta, dan mendaftar sebagai penumpang pribadi pertama yang dibawa keliling bulan oleh SpaceX.

Baca Juga: Khawatir soal valuasi, SoftBank minta WeWork batalkan rencana IPO

Baru-baru ini, Maezawa menual sebagian dari koleksi seninya yang banyak. Dia mengatakan bahwa dia tidak punya uang.

Perusahaan Maezawa yang mengelola mal online Zozotown berada dalam kesulitan. Dalam tahun buku terakhir, perusahaan ini mencatat penurunan pertama laba karena eksperimen yang gagal. Zozotown menawarkan pakaian dengan penjahit khusus dan berseteru dengan merek fesyen soal diskon.

Yahoo Japan merupakan anak usaha terkonsolidasi SoftBank Corp. Sementara Softbank Corp dikendalikan oleh konglomerasi teknologi SoftBank Group Corp.




TERBARU

[X]
×