kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 pemilik ide brilian bidang teknologi abad ini


Selasa, 08 Mei 2012 / 13:24 WIB
10 pemilik ide brilian bidang teknologi abad ini
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia.


Reporter: Dyah Megasari, Fortune |

NEW YORK. Teknologi berkembang pesat hingga ke berbagai segmen. Beberapa sistem yang dikembangkan berhasil menjadi tumpuan hidup banyak orang di belahan dunia. Siapa saja yang dianggap sebagai visionaris teknologi abad ini? Fortune Magazine mengurutkan 10 nama yang berjasa di bidang teknologi. Mereka adalah :

1. Mooly Eden, President Intel Israel

Anda pernah berpikir bahwa beraktivitas dengan PC sangat menjenuhkan? Eden ingin anda memikirkan ulang anggapan tersebut. Keberhasilan Apple membesut MacBook Air telah membuktikan bahwa konsumen hanya menginginkan tampilan PC yang lebih efisien yakni tipis dan jauh lebih ringan dari pendahulunya.

Lalu apa peran Eden? Ia bertanggung jawab soal inovasi bentuk prosesor yang bisa mengimbangi perubahan PC. Dua chip hasil kreasinya adalah Core 2 Duo dan Sandy Bridge yang dikembangkan menjadi generasi berikutnya yakni Ivy Bridge. Generasi terakhir ini rencananya akan diproduksi dalam jumlah besar. Sampai saat ini, divisi ini menyumbang hampir 40% dari pendapatan prosesor notebook Intel.

2. Jeff Bezos, CEO Amazon

Ia termasuk pria yang berpikiran meraup margin rendah namun punya prospek jangka panjang. Bezos meluncurkan Amazon sebagai toko buku online dari garasi Seattle pada tahun 1994 dan mengubahnya menjadi toko online terbesar di dunia. Sistem i-cloud milik Amazon telah menjadi tulang punggung perusahaan lainnya seperti Netflix, Instagram dan Pinterest. Kindle bisa disebut sebagai puncak prestasi Bezos.

3. Paul Jacobs, CEO Qualcomm

Jika masa depan komputasi terletak pada perangkat mobile, Jacobs bisa disebut sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh karena bersahaja dan menjadi sosok penting dalam bidang teknologi.

Setelah mengambil alih perusahaan ayahnya pada 2005, Jacobs terus mengawasi bisnisnya saat smartphone berkembang pesat. Teknologi 3G banyak ditemui di smartphone dan perusahaannya secara bijak menuangkan ide itu dalam teknologi baru dengan kecepatan tinggi yakni 4G LTE.

Teknologi milik Jacobs termasuk yang berhasil di antara banyak perusahaan gagal. Itulah mengapa, jika anda mencoba membongkar iPhone atau iPad, akan ditemukan chip milik Qualcomm di dalamnya.

4. Paul Davis, CEO Coinstar

Sejak 2004, Coinstar berhasil menjadi perusahaan pencetak uang. Ia mengembangkan Redbox sebagai perusahaan penyewaan DVD dengan sistem internet. Lantaran lebih efisien bagi pelanggan, Redbox sukses membuat orang ketagihan.

Tapi, untuk sampai di sana Davis berjuang keras memenangkan beberapa pertempuran hukum dengan studio film yang khawatir bahwa perusahaan akan semakin menggerogoti penjualan DVD.

5. William Lynch, CEO Barnes and Noble

Sebagian besar dari kita langsung tertuju pada Amazon jika membicarakan e-book. Tapi, Barnes and Noble berhasil menjulang di antara toko buku lokal.

Bahkan perusahaan besar sekelas Microsoft berani menginvestasikan US$ 300 juta pada Barnes & Noble untuk memiliki 17,6% sahamnya di bisnis e-book.

6. Andy Rubin, Senior Vice President Mobile Google

Seiring perkembangan bisnis smartphone dan penjualan komputer tablet yang melesat, posisi Rubin makin krusial di Google. Rubin merupakan pencetus ide sistem operasi Android. Lebih dari 850.000 ponsel Android diaktifkan dalam waktu sehari. Akhir Februari, 48% pengguna smartphone di Amerika Serikat (AS) menggunakan sistem ini.

7. Virginia "Ginni" Rometty, CEO IBM

Wanita nomor wahid di IBM ini merupakan CEO perempuan pertama di perusahaan yang sama. Ia adalah mahasiswi didikan Northwestern University dan bergabung dengan IBM sebagai seorang teknisi sistem.

Lantaran pengetahuannya yang mumpuni, kariernya bergerak cepat dimulai dengan bergabung pada jajaran manajemen. Tak lama kemudian Ginni berhasil menjadi vice president penjualan, pemasaran dan strategi. Ia saat ini bertanggung jawab untuk strategi perusahaan dengan fokus utama pada sistem cloud computing dan analisis.

8. Jonathan "Jony" Ive, Senior Vice President Industrial Design Apple

Prestasinya adalah membuat desain beberapa gadget terkenal seperti iPod, iPhone dan iPad. Bergabung dengan Apple sejak 1992, ia lahir di Chingford, London, Inggris. Jony adalah lulusan Bachelor of Arts Northumbria University dengan jurusan industrial design.

9. Don Mattrick, President Interactive Entertainment Business, Microsoft

Namanya mulai mencuat melalui Xbox 360, Xbox LIVE, Kinect, Zune Music and Video, Mediaroom, PC dan hiburan interaktif melalui perangkat mobile. Saat usianya 17 tahun, ia sudah bisa menemukan distinctive software.

10. David Small Vice President and Chief Technical Officer, Verizon Wireless

Mantan presiden Verizon's Northeast Area ini sekarang mengawasi perencanaan dan pembangunan jaringan data di luar Amerika. Menghadirkan LTE generasi baru, ia menawarkan kecepatan download hingga 10 kali lebih cepat dari sebelumnya. Kepiawaiannya berhasil mengantarkan Verizon jauh di depan pesaingnya yakni AT&T.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×