kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

100 juta perangkat Android akan memiliki tombol Google Assistant


Rabu, 27 Februari 2019 / 15:45 WIB
100 juta perangkat Android akan memiliki tombol Google Assistant


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa waktu lalu, LG menanamkan tombol fisik khusus pada LG G7 ThinQ dan V40 untuk memanggil asisten digital besutan Google, Google Assistant. Belakangan muncul kabar bahwa tombol khusus asisten digital milik Google tersebut bakal hadir di sejumlah ponsel lain, tak terbatas pada LG saja. 

Nama-nama vendor dimaksud mencakup Xiaomi, Nokia, dan Vivo. Berkat kerja sama ini, Google pun selaku pengembang Google Assistant memprediksi bakal ada 100 juta perangkat yang memiliki tombol Google Assistant. 

"Kami coba membuat Google Assistant menjadi bagian dari ponsel, bukannya hanya sekadar aplikasi saja," sebut kepala engineering Google Assistant, Scott Huffman. Nantinya, para vendor yang bekerja sama dengan Google bakal memiliki sebuah tombol khusus Google Assistant di ponselnya. 

Mirip-mirip Samsung yang telah membuat tombol khusus untuk asisten digitalnya, Bixby, pada jajeran ponsel flagship Galaxy S. Saat ini, ada beberapa vendor yang telah bekerja sama dengan Google untuk menanamkan tombol fisik khusus Google Assistant. Beberapa di antaranya adalah LG, Nokia, dan Xiaomi. 

Vivo menyusul? 

LG sendiri telah menanamkan tombol Google Assistant pada deretan ponsel terbarunya, seperti LG G8 ThinQ dan LG K40. Pada perangkat Nokia, tombol tersebut sudah ditanamkan di dua ponsel budget teranyar dari HMD Global, yaitu Nokia 3.2 dan Nokia 4.2. 

Sementara itu, untuk Xiaomi, pabrikannya juga telah menanamkan tombol pintasan tersebut ke dua ponsel yang juga baru meluncur, yaitu Mi Mix 3 5G dan Mi 9. Selain tiga vendor tersebut, pabrikan ponsel lain, seperti TCL dan Vivo, juga diprediksi bakal hadir dengan tombol fisik Google Assistant di ponsel bikinan mereka. 

Untuk Vivo, seri V15 Pro diketahui telah memiliki tombol tersebut. Namun, tak disebutkan apa saja ponsel-ponsel yang bakal memiliki tombol itu di kemudian hari. Yang pasti, beberapa ponsel yang sudah disebutkan di atas sudah memiliki tombol ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cnet, Rabu (26/2). 

Lantas, bagaimana mekanisme fungsi tombol dedicated Google Assistant dan apa saja yang akan ditampilkan ketika pengguna menekan tombol tersebut? 

Bisa jadi "walkie talkie" 

Tombol Google Assistant memiliki sejumlah fungsi berdasarkan frekuensi penekanan tombol.  Jika pengguna menekan tombol Google satu kali, maka mereka akan diantarkan ke panel atau halaman utama Google Assistant.

Jika penekanan dilakukan sebanyak dua kali, maka pengguna akan disodorkan dengan sejumlah informasi terkait acara, ulasan kegiatan pengguna, serta pembaruan berita dan informasi berdasarkan preferensi mereka. 

Fungsi terakhir adalah long-press. Dengan menekan dan menahan tombol Google Assistant, pengguna bisa menggunakan ponsel layaknya sebuah "walkie-talkie". Artinya, Google Assistant akan mendengarkan apa yang pengguna bicarakan sembari tombolnya ditekan. 

Sayangnya, belum diketahui apakah ketiga fungsi pada tombol ini bisa dikustomisasi (re-map) seperti tombol Bixby di Galaxy S10 atau tidak. (Bill Clinten)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "100 Juta Perangkat Android Bakal Punya Tombol "Google Assistant""

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×