12 Fakta Mengejutkan Tentang Warren Buffett si Peramal dari Omaha

Jumat, 21 Oktober 2022 | 09:34 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
12 Fakta Mengejutkan Tentang Warren Buffett si Peramal dari Omaha

ILUSTRASI. Hampir setiap hari, Warren Buffett akan mengunjungi Dairy Queen untuk menikmati hidangan penutup es krim. REUTERS/Scott Morgan


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Warren Buffett kerap disebut sebagai "Oracle of Omaha" atau "Peramal dari Omaha". Warga Nebraska ini merupakan legenda investasi, tokoh bisnis, dan filantropis.

Melansir Dilansir dari Biography, Warren Edward Buffett merupakan anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Howard Buffett dan Leila Stahl Buffett.  

Warren Buffett merupakan seorang anak laki-laki yang jenius di bidang matematika. Dia bahkan sudah menunjukkan minat dan bakat di bidang bisnis pada usia yang masih belia.  

Warren Buffett pada masa kanak-kanak hingga remaja melakukan berbagai pekerjaan sampingan. Buffett melakoni banyak pekerjaan mulai dari menjual permen karet, coca-cola, hingga loper koran.  

Seluruh penghasilan Buffett selama part-time dikumpulkan. Kemudian dia membeli 40 hektar peternakan di Nebraska seharga US$ 1.200. Properti pertama Warren Buffett ini dibeli saat ia berumur 15 tahun.  

Setelah lulus SMA, Warren Buffett tidak begitu tertarik untuk melanjutkan ke universitas. Dengan penghasilan dan uang yang dimilikinya, Warren Buffett sudah merasa cukup.  

Baca Juga: Elon Musk: Saya Bukan Warren Buffett

Sang ayah kemudian membujuk Warren Buffett untuk berkuliah di University of Pennsylvania. Namun, Warren Buffett hanya berkuliah selama dua tahun, kemudian pindah ke University of Nebraska. Buffett lulus dari University of Nebraska di umur 20 tahun. 

Banyak kisah menarik yang bisa kita lihat dari sosok Warren Buffett. Mengutip Entrepreneur.com, 12 fakta Warren Buffett ini mungkin akan mengejutkan Anda:

1. Warren Buffett membeli saham pertamanya saat berusia 11 tahun

Saat sebagian besar anak laki-laki berusia 11 tahun bermain bisbol dan membaca buku komik, Warren Buffett membeli saham. Pada musim semi 1942, pada usia 11 tahun, Warren Buffett membeli enam saham Cities Service Preferred (sekarang dikenal sebagai CITGO) seharga US$ 38 per lembar.

2. Warren Buffett menghasilkan US$ 53.000 pada usia 16 tahun

Bahkan sejak dia masih muda, Warren Buffett tidak hanya bijaksana, tetapi juga pekerja yang sangat keras.

Pada usia enam tahun, Warren Buffett berkeliling di sekitar lingkungannya, menjual pistol untuk masing-masing seharga satu sen.

Ketika ayah Warren Buffett menjadi anggota kongres, keluarganya pindah dari Omaha, Neb. ke Washington D.C. Warren Buffett mengantarkan The Washington Post setiap pagi dan menghasilkan sekitar US$ 175 sebulan (itu lebih dari yang dihasilkan kebanyakan guru selama waktu itu).

Dia juga mengejar beberapa pekerjaan sampingan seperti menjual bola golf bekas dan perangko kolektor dan mobil penggosok. Pada saat dia berusia 16 tahun, dia telah mengumpulkan setara dengan US$ 53.000.

Baca Juga: Pilih Investasi atau Lunasi Utang Kartu Kredit? Ini Saran Warren Buffett

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru