kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Kesalahan Terburuk Warren Buffett soal Investasi, Penasaran?


Rabu, 27 Juli 2022 / 08:34 WIB
3 Kesalahan Terburuk Warren Buffett soal Investasi, Penasaran?
ILUSTRASI. Oracle of Omaha Warren Buffett mengakui dirinya pernah melakukan kesalahan besar. Photo by Daniel Zuchnik/WireImage


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Oracle of Omaha Warren Buffett mengakui dirinya pernah melakukan kesalahan besar.

Melansir CNN, dalam surat tahunannya kepada pemegang saham Berkshire Hathaway (BRKB), guru investasi Warren Buffett mengungkapkan bahwa perusahaannya pernah mencatatkan kerugian sebesar US$ 11 miliar tahun lalu atas pembelian Precision Castparts pada 2016. Dia menggambarkan hal tersebut sebagai "kesalahan."

Miliarder yang menjadi pimpinan Berkshire sejak 1970, mengatakan dalam surat tahunan perusahaan kepada pemegang saham bahwa penurunan nilai aset yang sangat buruk itu memiliki penjelasan sederhana.

"Saya membayar terlalu banyak untuk sebuah perusahaan," katanya. 

Dia menambahkan, "Salah perhitungan saya terungkap oleh perkembangan yang merugikan di seluruh industri kedirgantaraan."

Terlepas dari kerugian dan dampak dari pandemi secara umum, operasi bisnis perusahaan menikmati akhir yang solid hingga 2020. 

Lantas, apa saja kesalahan terbesar yang pernah dilakukan Warren Buffett?

Baca Juga: Langkah Warren Buffett Saat Resesi Menghadang, Bisa Menenangkan Saraf Investor

Inilah tiga kesalahan besar Warren Buffett seperti yang dirangkum Kontan dari Investopedia:

1. ConocoPhillips

Pada tahun 2008, Warren Buffett membeli sebagian besar saham ConocoPhillips sebagai permainan harga energi masa depan. Dia menilai, banyak pihak yang mungkin setuju bahwa kenaikan harga minyak kemungkinan akan terjadi dalam jangka panjang dan ConocoPhillips kemungkinan besar akan mendapat manfaat. 

Namun, ini ternyata menjadi investasi yang buruk, karena Buffett membeli dengan harga yang terlalu tinggi, mengakibatkan kerugian miliaran dolar bagi Berkshire Hathaway.

Warren Buffett berkata: "Saat berinvestasi, pesimisme adalah teman Anda, euforia adalah musuh."

Baca Juga: Warren Buffett Punya Rumus untuk Menjadi Pintar dan Sukses, Ini Dia!

2. U.S. Air

Warren Buffett membeli saham preferen di U.S. Air pada tahun 1989 karena dia tertarik oleh pertumbuhan pendapatan yang tinggi yang telah dicapainya hingga saat itu. Investasi itu dengan cepat berubah buruk, karena U.S. Air tidak mencapai pendapatan yang cukup untuk membayar dividen yang jatuh tempo pada sahamnya. 

Dengan keberuntungan di sisinya, Warren Buffett kemudian dapat menurunkan sahamnya dengan untung. Terlepas dari keberuntungan ini, Warren Buffett menyadari bahwa pengembalian investasi ini dipandu oleh lady luck dan ledakan optimisme terhadap industri.

Warren Buffett mengatakan: "Investor telah menuangkan uang ke dalam lubang tanpa dasar, tertarik oleh pertumbuhan ketika mereka seharusnya ditolak olehnya."

3. Dexter Shoes

Pada tahun 1993, Warren Buffett membeli sebuah perusahaan sepatu bernama Dexter Shoes. Investasi Warren Buffett di Dexter Shoes berubah menjadi bencana karena dia melihat keunggulan kompetitif yang tahan lama di Dexter yang dengan cepat menghilang. 

Menurut Warren Buffett, "Apa yang saya nilai sebagai keunggulan kompetitif yang tahan lama lenyap dalam beberapa tahun." 
Warren Buffett mengklaim bahwa investasi ini adalah yang terburuk yang pernah dia lakukan, mengakibatkan kerugian bagi pemegang saham sebesar US$ 3,5 miliar.

Warren Buffett berkata: "Bisnis yang benar-benar hebat harus memiliki 'parit' abadi yang melindungi pengembalian yang sangat baik atas modal yang diinvestasikan."




TERBARU

[X]
×