kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Perdana Menteri Eropa Timur Menyusup ke Kiev Ukraina, Misi Berani Mati!


Rabu, 16 Maret 2022 / 06:49 WIB
3 Perdana Menteri Eropa Timur Menyusup ke Kiev Ukraina, Misi Berani Mati!
Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki, Perdana Menteri Ceko Petr Fiala, dan Perdana Menteri Slovenia Janes Janza bertemu di Kiev Ukraina (15/3)


Reporter: Hasbi Maulana | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - Para pemimpin tiga negara Uni Eropa melakukan perjalanan ke Kiev pada Selasa (15/3). Misi berisiko tinggi itu dirahasiakan sampai mereka naik kereta ke ibu kota Ukraina yang diperangi.

Tiga pemimpin negara Eropa Timur itu adalah Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki, Perdana Menteri Ceko Petr Fiala, dan Perdana Menteri Slovenia Janes Janza. 

Mereka dilaporkan telah melakukan perjalanan dengan kereta api dari perbatasan Polandia, perjalanan setidaknya tujuh jam. Pejabat Ukraina merilis beberapa rincian tentang perjalanan tersebut.

Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, memposting foto di Facebook, menunjukkan para pria duduk mengelilingi meja dan mengamati peta: Perdana Menteri Ceko, Petr Fiala, melakukan hal yang sama di Twitter.

“Di sinilah, di Kiev yang dilanda perang, sejarah sedang dibuat,” tulis Morawiecki.

“Di sinilah, kebebasan berjuang melawan dunia tirani. Di sinilah masa depan kita semua tergantung pada keseimbangan,” sambungnya.

Kunjungan ke Kiev oleh para pemimpin Polandia, Slovenia dan Republik Ceko merupakan simbol keberhasilan Ukraina sejauh ini dalam menangkis serangan yang diyakini negara-negara Barat bertujuan untuk merebut kota itu beberapa minggu lalu.

"Adalah tugas kita untuk berada di tempat sejarah ditempa. Karena ini bukan tentang kita, tetapi tentang masa depan anak-anak kita yang layak hidup di dunia yang bebas dari tirani," kata Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki.

Reuters, mengutip pejabat resmi Ceko dan Polandia, menulis bahwa misi itu telah dikoordinasikan dengan UE dan disetujui oleh para pemimpinnya pada pertemuan puncak pekan lalu.

Namun, seorang pejabat di Brussel mengatakan perjalanan itu menimbulkan risiko keamanan yang serius dan dapat membahayakan negosiasi.

Pada hari yang sama media Ukraina menayangkan rekaman video Presiden Volodymyr Zelenskyberjalan ke ruang pertemuan dan duduk dengan Mr Morawiecki, Mr Fiala dan perdana menteri Slovenia.

“Kunjungan Anda ke Kyiv pada saat yang sulit bagi Ukraina ini adalah tanda dukungan yang kuat – kami menghargainya,” kata Zelensky dalam sebuah pernyataan yang dirilis dengan rekaman tersebut.

Foto-foto yang dirilis oleh para pemimpin Eropa sebelumnya berusaha untuk menyampaikan pertunjukan dukungan yang berani untuk Ukraina tiga minggu setelah pasukan Rusia menyerbu negara itu, dan ketika walikota Kyiv memperingatkan tentang bahaya yang meningkat bagi ibu kota dan penduduknya.

Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmyhal, menulis di Twitter pada Selasa sore, memeluk para pengunjung. "Keberanian teman sejati Ukraina," katanya. “Membahas dukungan Ukraina dan memperkuat sanksi terhadap agresi Rusia.”

Menurut The New York Times, tidak ada indikasi bahwa Moskow telah menjamin perjalanan yang aman bagi para perdana menteri.

Juru bicara Putin, Dmitri S. Peskov, mengatakan bahwa pemerintah Polandia, Republik Ceko dan Slovenia belum berhubungan dengan Kremlin tentang perjalanan hari Selasa.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×