kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,79   7,33   0.80%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Mata uang kripto ini bisa menggeser posisi Bitcoin, apa saja?


Selasa, 24 Agustus 2021 / 07:58 WIB
4 Mata uang kripto ini bisa menggeser posisi Bitcoin, apa saja?
ILUSTRASI. Bitcoin telah mengambil banyak langkah menuju penerimaan arus utama. Namun, koin baru pun bermunculan. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Sumber: The Motley Fool | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Mata uang kripto, Bitcoin, paling tepat digambarkan sebagai kakek dari cryptocurrency. Diluncurkan pada tahun 2009, Bitcoin merupakan mata uang digital pertama yang menargetkan untuk menggeser posisi uang tunai. 

Dua belas tahun kemudian, dan Bitcoin telah mengambil banyak langkah menuju penerimaan arus utama. Namun, koin baru pun bermunculan.

Melansir The Motley Fool, tak satu pun dari koin baru dapat menyentuh Bitcoin dalam hal harga atau kapitalisasi pasar. Namun seiring berkembangnya teknologi, begitu pula potensi salah satunya yang pada akhirnya bisa menggantikan Bitcoin. 

Berikut adalah empat cryptocurrency yang mungkin memiliki peluang menggeser Bitcoin, seperti yang dirangkum Kontan dari The Motley Fool:

Baca Juga: Kenaikan masih bisa berlanjut, harga Bitcoin akhirnya tembus US$ 50.000

1. Posisi terbaik untuk menggantikan Bitcoin dalam hal fungsionalitas: Ethereum (ETH)

Ethereum adalah cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, dan saat ini, mata uang kripto itu yang paling mungkin untuk menggantikan Bitcoin. Ethereum adalah yang pertama memperkenalkan kontrak pintar, yang merupakan potongan kecil kode yang hidup di blockchain.

Dapat dikatakan, kontrak pintar adalah pengubah permainan. Mereka berada di balik banyak perkembangan besar. Misalnya saja keuangan terdesentralisasi dan token non-fungible, yang telah mendorong pertumbuhan dramatis dalam cryptocurrency dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: PayPal luncurkan layanan transaksi jual beli kripto di Inggris

Potongan-potongan kecil kode yang dijalankan sendiri ini memungkinkan untuk memformalkan perjanjian dengan seseorang tanpa melibatkan pihak ketiga. Misalnya, seorang petani dapat mengambil asuransi terhadap kondisi cuaca buruk, dan polis akan secara otomatis membayar jika kondisi tersebut terpenuhi.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×