kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.344.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Rencana Pensiun ala Robert Kiyosaki, Belum Banyak yang Tahu


Rabu, 29 Mei 2024 / 04:00 WIB
4 Rencana Pensiun ala Robert Kiyosaki, Belum Banyak yang Tahu
ILUSTRASI. Robert Kiyosaki membagikan empat tips untuk rencana pensiun di hari tua.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Masalah perencanaan dana pensiun umumnya meliputi  peningkatan biaya perawatan kesehatan, menambah Jaminan Sosial, dan tidak memiliki biaya hidup melebihi tabungan. 

Selain mengetahui berapa banyak yang harus ditabung, Anda harus hati-hati memilih dan mengalokasikan investasi untuk keamanan finansial yang lebih baik.

Mengutip GoBankingRates, Robert Kiyosaki, penulis buku terlaris “Rich Dad Poor Dad,” menawarkan nasihat keuangan dalam segala hal mulai dari investasi hingga kewirausahaan. 

Dalam postingan di blog “Rich Dad Poor Dad”, dia membagikan empat tip berikut untuk rencana pensiun di hari tua:

1. Jangan Sampai Rugi dengan Uang Tunai

Seseorang mungkin tergoda untuk menyimpan banyak uang tunai untuk melindungi dirinya dari penurunan pasar. Namun, hal ini bisa menjadi langkah finansial yang buruk untuk rencana pensiun yang berkelanjutan.

Khawatir dengan kelangsungan dolar, Kiyosaki memperingatkan tentang bagaimana inflasi dapat berdampak pada tabungan Anda. 

Dia menyarankan, “Daripada menyimpan uang tunai, pertahankan likuiditas Anda dalam aset yang dapat dicairkan dengan cepat dan yang dapat melindungi nilai terhadap inflasi, bukan kehilangan nilainya. Itu bisa berupa emas, perak, minyak, dll.”

Baca Juga: Robert Kiyosaki Punya 5 Pemikiran Keren untuk Jadi Kaya Raya

2. Diversifikasi dengan Cara yang Sebenarnya

Pada saat Anda melakukan diversifikasi portofolio pensiun, Anda mungkin fokus pada jenis investasi tradisional, seperti reksadana, saham, dan obligasi. 

Meskipun hal ini dapat menyeimbangkan beberapa risiko, Anda juga dapat mencari investasi alternatif untuk melindungi tabungan pensiun Anda.

“Diversifikasi sejati melibatkan investasi di sebanyak mungkin dari lima kelas aset: paper, real estat, komoditas, bisnis, dan mata uang kripto,” tulis Kiyosaki dalam postingan blog terkait. 

Pastikan untuk melakukan uji tuntas sebelum berinvestasi, karena semua opsi investasi ini memiliki keuntungan, risiko, potensi biaya, dan implikasi pajak yang berbeda-beda.

Baca Juga: Cek Perbedaan Gaya Investasi Orang Kaya & Orang Miskin Menurut Robert Kiyosaki




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×