kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45786,44   -4,02   -0.51%
  • EMAS1.008.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

​5 Negara terkaya di dunia, termasuk Singapura dan Brunei Darussalam


Sabtu, 17 Oktober 2020 / 14:55 WIB
​5 Negara terkaya di dunia, termasuk Singapura dan Brunei Darussalam
ILUSTRASI.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Daftar 5 negara terkaya di dunia ternyata justru dihuni oleh negara-negara yang tidak memiliki luas wilayah besar. Beberapa negara kecil tetapi kaya mendapatkan keuntungan karena memiliki sektor keuangan dan rezim pajak yang canggih untuk menarik investasi asing dan pekerja profesional masuk ke wilayahnya. 

Dari daftar 5 negara terkaya di dunia, tiga negara di antaranya berada di Asia. Sementara dua negara dari daftar tersebut berada di kawasan Asia Tenggara. 

Ada beberapa hal yang membuat suatu negara diberi julukan sebagai negara terkaya di dunia, misalnya dari pendapatan per kapita para warga negaranya hingga besarnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Dirangkum dari Global Finance, berikut daftar 5 negara terkaya di dunia:

Baca Juga: Bahrain mengizinkan penerbangan UEA-Israel melintasi wilayah udaranya

Daftar 5 negara terkaya di dunia

1. Qatar


Qatar masuk dalam daftar 5 negara terkaya di dunia

Negara di Timur Tengah ini menjadi negara terkaya pertama di dunia dengan PDB-PPP mencapai US$ 132.886. 

Sumber kekayaan Qatar adalah cadangan minyak, gas, dan petrokimia negara itu begitu besar, arsitektur ultramoderen, pusat perbelanjaan mewah, dan kuliner yang mampu menarik investor maupun turis mancanegara berkunjung ke negara tersebut. 

Sementara jumlah penduduknya sangat kecil yakni hanya mencapai 2,8 juta orang. Hal ini membuat Qatar berhasil menduduki puncak daftar negara terkaya di dunia selama 20 tahun. Meski demikian, Qatar juga termasuk salah satu negara yang terdampak pandemi corona dengan lebih dari 100.000 kasus positif terkonfirmasi. 

Namun, yang mengejutkan, perekonomian diproyeksikan akan terus tumbuh dalam jangka menengah di tengah peningkatan produksi gas dan investasi menjelang Piala Dunia 2022. 

Baca Juga: Daftar 100 negara teraman dari Covid-19, Indonesia berada di peringkat 97




TERBARU

[X]
×