kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

74% Kasus baru Covid-19 di Afrika Selatan saat ini adalah Omicron


Kamis, 02 Desember 2021 / 06:58 WIB
74% Kasus baru Covid-19 di Afrika Selatan saat ini adalah Omicron
ILUSTRASI. 74% Kasus baru Covid-19 di Afrika Selatan adalah Omicron. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID- JOHANNESBURG/WASHINGTON. Omicron dengan cepat menjadi varian dominan virus corona di Afrika Selatan dalam tempo kurang dari empat minggu setelah pertama kali terdeteksi di sana.

Institut Nasional untuk Penyakit Menular Afrika Selatan (NICD) mengatakan data epidemiologi awal menyebut Omicron mampu menembus beberapa kekebalan. Ditulis Reuters, 74% dari semua genom virus yang telah diurutkan bulan lalu adalah varian Omicron, yang pertama kali ditemukan dalam sampel yang diambil pada 8 November di Gauteng, provinsi terpadat di Afrika Selatan.

Jumlah kasus baru yang dilaporkan di Afrika Selatan berlipat ganda dari Selasa hingga Rabu.

Baca Juga: Kasus Omicron pertama di AS menekan harga minyak mentah, WTI ke US$65,90

Ahli epidemiologi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Maria van Kerkhove mengatakan pada sebuah pengarahan bahwa data tentang seberapa menular Omicron akan tersedia dalam beberapa hari.

CEO BioNTech mengatakan bahwa vaksin yang dia buat dalam kemitraan dengan Pfizer kemungkinan akan menawarkan perlindungan yang kuat terhadap penyakit parah dari Omicron.

Presiden badan eksekutif Uni Eropa mengatakan ada perlombaan melawan waktu untuk mencegah varian baru ketika para ilmuwan menentukan betapa berbahayanya itu. UE sedang memajukan peluncuran vaksinnya untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 minggu hingga 13 Desember.

"Bersiaplah untuk yang terburuk, berharap yang terbaik," Ursula von der Leyen, presiden Komisi Eropa, mengatakan pada konferensi pers.

Dia mengatakan bahwa vaksinasi penuh dan suntikan booster memberikan perlindungan sekuat mungkin.

Baca Juga: Wall Street berubah menjadi merah saat Omicron mencapai AS, Dow jatuh 460 poin

Sekitar 56 negara dilaporkan menerapkan langkah-langkah perjalanan sebagai tindakan pencegahan terhadap Omicron pada 28 November, kata WHO.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengecam apa yang disebutnya "apartheid perjalanan".

"Larangan perjalanan tidak akan mencegah penyebaran internasional dan mereka membebani kehidupan dan mata pencaharian," kata WHO , sambil menasihati mereka yang tidak sehat, berisiko, atau berusia 60 tahun ke atas dan tidak divaksinasi terhadap perjalanan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×