Ada Aurora di Jupiter, Begini Potret Terbaru Planet Terbesar di Tata Surya

Selasa, 23 Agustus 2022 | 13:33 WIB   Penulis: Arif Budianto
Ada Aurora di Jupiter, Begini Potret Terbaru Planet Terbesar di Tata Surya

ILUSTRASI. Ada Aurora di Jupiter, Begini Potret Terbaru Planet Terbesar di Tata Surya.


KONTAN.CO.ID - Ada aurora di Jupiter, begini potret terbaru planet terbesar di Tata Surya ini. Potret terbaru Jupiter ini berhasil ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA.

Dikutip dari CNET (23/8), baru-baru ini NASA merilis potret terbaru Jupiter yang terlihat menakjubkan. Planet terbesar di Tata Surya yang juga dijuliki sebagai raksasa gas ini terlihat bersinar di pinggiran bagian atas dan bawah.

"Sejujurnya, kami tidak benar-benar mengharapkannya menjadi sebaik ini," ujar astronom planet bernama Imke de Pater yang membantu memimpin pengamatan Jupiter dalam sebuah pernyataan NASA.

"Sungguh luar biasa bahwa kita dapat melihat detail Jupiter bersama dengan cincinnya, satelit kecil, dan bahkan galaksi dalam satu gambar," tambahnya.

James Webb Space Telescope merupakan proyek bersama NASA, Badan Antariksa Eropa (ESA), dan Badan Antariksa Kanada yang dilengkapi kamera inframerah dekat (NIRCam) yang pada 27 Juli lalu digunakan untuk menangkap gambar.

Baca Juga: Mengapa Bintang Terlihat Berkelap-kelip di Atas Langit Malam? Ini Penjelasannya

Potret terbaru planet Jupiter oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb

Cahaya inframerah kamera telah diterjemahkan dengan cara yang menyoroti badai, aurora, cincin, dan bulan di Jupiter.

Badai bintik merah besar berbentuk oval Jupiter yang terkenal terlihat lebih ceran dan berwarna putih dalam potret terbarunya ini. Tampak seperti telur kosmik bercahaya yang tertanam di atmosfer planet yang berputar.

NASA mengungkapkan, warna yang memutih pada gambar tersebut disebabkan oleh bagaimana badai dan awan memantulkan sinar Matahari.

Baca Juga: Bintang Adalah Benda Langit yang Memancarkan Cahayanya Sendiri, Berikut Ciri-cirinya

Dalam gambar lain terlihat pula Jupiter dengan beberapa satelit yang mengitari. Seperti Almalthea dan Adrastea, ini merupakan dua nama satelit Jupiter dari lusinan yang diketahui mengitari planet raksasa tersebut.

Meskipun Jupiter dianggap sebagai planet tak bercincin, namun Anda dapat melihat cincin yang terlihat samar terlihat dalam potret terbaru ini.

Ya, cincin Jupiter ini memang tidak lebih mencolok dari Saturnus yang memang terkenal sebagai planet yang memiliki cincin.

Sementara bintik-bintik kabur yang menjadi latar belakang Jupiter kemungkinan adalah galaksi. Ini dapat membuktikan bahwa teleskop JWST benar-benar memiliki ketajaman yang luar biasa dalam menangkap gambar di luar angkasa.

Gambar-gambar baru Jupiter ini menjadi lompatan maju yang berhasil ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb. Ini juga sekaligus menandakan kemajuan teknologi dapat membantu mengungkap apa saja yang ada di Tata Surya dengan lebih baik.

Editor: Arif Budianto

Terbaru