kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada Trojan di dalamnya, jangan download Clubhouse Android lewat situs tak resmi


Rabu, 24 Maret 2021 / 20:15 WIB
Ada Trojan di dalamnya, jangan download Clubhouse Android lewat situs tak resmi


Penulis: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Jangan download Clubhouse Android lewat situs tak resmi! Terdapat Trojan di dalamnya, bisa membahayakan dan bisa mencuri data pribadi pengguna Android.

Menjadi aplikasi yang viral beberapa waktu lalu, Clubhouse menarik perhatian warga dunia maya. Sayangnya, Clubhouse sampai saat ini baru tersedia di iOS (iPhone), pengguna Android masih belum bisa menjajal aplikasi tersebut.

Memanfaatkan momen tersebut, sebuah situs Clubhouse Android yang tidak resmi beredar. Lewat situs tersebut diduga pengguna bisa download Clubhouse versi Android.

Sayangnya, situs tak resmi tersebut justru membahayakan. Salah seorang peneliti malware dari ESET, yakni Lukas Stefanko menemukan, situs tersebut disisipi malware.

Mengutip dari situs resmi Welivesecurity, ESET mengungkapkan, situs Clubhouse palsu tersebut disisipi Trojan "BlackRock". Trojan sendiri merupakan salah satu jenis malware yang kerap kali digunakan oleh oknum yang ingin mencuri berbagai informasi si korban atau target yang dituju.

Sama halnya dengan Trojan pada umumnya, "BlackRock" ini menyamar sebagai aplikasi Clubhouse versi Android. Jika aplikasi tersebut dipasang di HP Anda, bukan tidak mungkin data-data pribadi Anda bisa menjadi sasaran malware tersebut.

Trojan tersebut kabarnya bisa mencuri data login korban setidaknya dari 458 layanan online. Daftar target termasuk aplikasi keunganan, aplikasi belanja terkenal, penukaran mata uang kripto serta media sosial dan platform perpesanan. 

Baca Juga: Clubhouse bakal hadir di Android, simak tatacara bergabung

Beberapa di antaranya adalah Twitter, WhatsApp, Facebook, Amazon, Netflix, Outlook, eBay, Plus500, Aplikasi Tunai, BBVA, dan Lloyds Bank. 

Situs tersebut memang sulit dibedakan. Hanya, bila Anda mengunjungi laman dengan alamat joinclubhouse[.]mobibisa dipastikan itu adalah situs palsu. 

Situs Clubhouse Android palsu

"Setelah Anda klik Get It On Google Play, aplikasi akan diunduh secara otomatis ke perangkat pengguna. Sebaliknya, situs web yang sah akan selalu mengarahkan ke Google Play secara langsung," kata Stefanko, peniliti malware yang menemukan situs Clubhouse palsu tersebut.

Alamat asli dari situs Clubhouse resmi adalah joinclubhouse.com, berbeda dengan situs palsu yang beredar tersebut. Meski penampakannya begitu mirip, Anda perlu mewaspadai situs Clubhouse Android tak resmi tersebut.

Baca Juga: Telegram kedatangan fitur mirip Clubhouse, bisa mendengarkan obrolan seru ragam topik

Bagaimana cara terhindar dari serangan trojan tersebut?

Begitu Anda download dan pasang Clubhouse Android dari situs tak resmi tersebut, trojan akan mencuri identitas korban ketika membuka aplikasi tertentu.

Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan di HP Android Anda, pastikan menggunakan otentikasi dua faktor berbasis SMS (2FA). Dengan mengaktifkan fitur keamanan tersebut, setidaknya dapat membantu mencegah siapa pun menyusup ke akun Anda.

Clubhouse telah mengumumkan, Clubhouse versi Android sedang dikembangkan. Tidak dalam waktu dekat, Clubhouse versi Android dipastikan akan tiba dalam beberapa bulan lagi.

Selanjutnya: Jadi rilis di Android, aplikasi Clubhouse akan hadir beberapa bulan lagi




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×