kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Adik Kim Jong Un Tolak Bantuan Ekonomi dan Kesepakatan Damai dari Presiden Korsel


Jumat, 19 Agustus 2022 / 09:55 WIB
Adik Kim Jong Un Tolak Bantuan Ekonomi dan Kesepakatan Damai dari Presiden Korsel
ILUSTRASI. Adik Kim Jong Un Tolak Bantuan Ekonomi dan Kesepakatan Damai dari Presiden Korsel


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Kim Yo Jong, adik perempuan Korea Utara pemimpin Kim Jong Un, mengatakan pada Jumat (19 Agustus) bahwa presiden Korea Selatan harus "menutup mulutnya" setelah dia menegaskan kembali bahwa negaranya bersedia memberikan bantuan ekonomi dengan imbalan perlucutan senjata nuklir.

Komentarnya menandai pertama kalinya seorang pejabat senior Korea Utara berkomentar langsung tentang apa yang oleh Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol disebut sebagai rencana "berani" - pertama kali diusulkan pada bulan Mei dan yang dia bicarakan lagi pada hari Rabu pada konferensi pers untuk menandai keputusannya dalam 100 hari pertama menjabat.

"Akan lebih baik bagi citranya untuk menutup mulutnya," kata Kim Yo Jong dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor berita negara KCNA, menyebut Yoon "sangat sederhana dan masih kekanak-kanakan" untuk berpikir bahwa dia dapat memperdagangkan kerja sama ekonomi untuk Korea Utara. 

Baca Juga: China Kirim Pasukan ke Rusia untuk Ikut Latihan Vostok, Apa Itu?

"Tidak ada yang menukar takdirnya dengan kue jagung," tambahnya.

Menteri Unifikasi Korea Selatan, yang menangani hubungan dengan Korea Utara, menyebut komentar Kim "sangat tidak sopan dan tidak senonoh".

Sementara Yoon mengatakan dia bersedia memberikan bantuan ekonomi bertahap ke Korea Utara jika itu mengakhiri pengembangan senjata nuklir dan memulai denuklirisasi, dia juga mendorong untuk meningkatkan pencegahan militer Korea Selatan terhadap Korea Utara.

Korea Selatan telah memulai kembali latihan bersama yang telah lama ditangguhkan dengan Amerika Serikat, termasuk latihan yang akan dimulai minggu depan.

Pada hari Rabu seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan Washington mendukung kebijakan Yoon, tetapi Kim mengatakan latihan bersama menunjukkan bahwa pembicaraan diplomasi sekutu tidak tulus.

"Kami menjelaskan bahwa kami tidak akan duduk berhadap-hadapan dengannya," katanya tentang Yoon.

Baca Juga: Surati Kim Jong Un, Pemimpin Separatis Donetsk Incar Kerja Sama dengan Korea Utara

Para ahli mengatakan rencana ekonomi terbaru Selatan mirip dengan proposal oleh para pemimpin sebelumnya, termasuk selama pertemuan puncak antara Presiden AS saat itu Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, menunjukkan bahwa Korea Utara tidak mungkin menerima tawaran itu.

"Inisiatif Yoon menambah daftar panjang tawaran gagal yang melibatkan janji Korea Selatan untuk memberikan manfaat ekonomi bagi Korea Utara ... Ini adalah asumsi yang sama yang berada di balik serangkaian upaya gagal untuk memulai pembicaraan denuklirisasi," Scott Snyder, seorang senior di lembaga think tank Dewan Hubungan Luar Negeri AS




TERBARU

[X]
×