kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,79   8,19   0.82%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Admiral Gorshkov, fregat canggih Rusia penguji coba rudal hipersonik Tsirkon


Kamis, 13 Mei 2021 / 23:15 WIB
Admiral Gorshkov, fregat canggih Rusia penguji coba rudal hipersonik Tsirkon


Sumber: TASS | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - MURMANSK. Fregat utama Armada Utara Rusia, Admiral Gorshkov berlayar ke Severodvinsk di Barat Laut negeri beruang merah untuk melanjutkan uji coba persenjataan rudal canggih.

"Kapal perang telah memasuki Laut Barents dan menuju ke Timur di sepanjang pantai Semenanjung Kola. Fregat tersebut diharapkan tiba di Pangkalan Angkatan Laut Belomorsk besok (Kamis)," kata Armada Utara Rusia. 

"Di Severodvinsk, kapal perang akan mengambil bagian dalam tahap akhir pengujian senjata rudal," ujar Armada Utara Rusia dalam sebuah pernyataan Rabu (12/5), seperti dikutip TASS.

Pada 8-9 Mei, Admiral Gorshkov mengambil bagian dalam perayaan Hari Kemenangan Perang Dunia II. Fregat itu berlabuh di dermaga Terminal Laut Murmansk. 

Baca Juga: Kazan siap bergabung dengan AL Rusia, kapal selam bersenjata rudal nuklir

Kapal perang kelas ini diperkenalkan ke publik untuk pertama kalinya. Semua orang yang menginginkan bisa naik ke Admiral Gorshkov, yang merupakan pertama di dunia menguji senjata rudal hipersonik.

Salah satu kapal perang paling canggih 

Pada 7 Oktober, Panglima Angkatan Bersenjata Rusia Jenderal Valery Gerasimov melaporkan kepada Presiden Vladimir Putin melalui konferensi video, bahwa Admiral Gorshkov berhasil menguji coba perdana rudal hipersonik Tsirkon.

Uji coba berjalan di Laut Putih terhadap target laut dengan jarak 450 kilometer (km) yang berada di Laut Barents pada 6 Oktober. Rudal Tsirkon terbang dan mendaki ke ketinggian maksimum 28 km.

Penerbangan rudal Tsirkon tersebut berlangsung hanya empat setengah menit ke sasaran sejauh 450 km. Kecepatan hipersonik Tsirkon saat uji coba itu lebih dari Mach 8, atau delapan kali kecepatan suara.

Baca Juga: Marsekal Shaposhnikov, fregat Rusia pembawa rudal jelajah dan artileri paling canggih




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×