kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45974,33   -17,61   -1.78%
  • EMAS991.000 0,71%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Ahli: Pulau Azores di Portugal Bisa Alami Letusan Hebat seperti La Palma di Spanyol


Rabu, 30 Maret 2022 / 08:28 WIB
Ahli: Pulau Azores di Portugal Bisa Alami Letusan Hebat seperti La Palma di Spanyol
ILUSTRASI. Para ahli gunung berapi memperingatkan, pulau Sao Jorge yang dilanda gempa di kepulauan Azores Portugal dapat mengalami letusan ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SAO JORGE. Para ahli gunung berapi memperingatkan, pulau Sao Jorge yang dilanda gempa di kepulauan Azores Portugal dapat mengalami letusan awal yang serupa dengan La Palma di Spanyol tahun lalu. Letusan itu menghancurkan ribuan properti dan tanaman di atasnya.

Melansir Reuters, Pulau Atlantik tengah yang subur telah diguncang oleh lebih dari 20.000 gempa bumi kecil dalam 11 hari terakhir, dengan getaran terkuat sejak awal "krisis seismik" yang tercatat pada Selasa malam dengan kekuatan 3,8, kata pusat pengawasan gunung berapi di kawasan itu.

Badan Meteorologi Portugal IPMA mengatakan gempa tersebut mencapai magnitudo 4.

Ada kekhawatiran gempa yang sejauh ini tidak menyebabkan kerusakan, bisa menandakan letusan gunung berapi untuk pertama kalinya sejak 1808, atau gempa bumi yang kuat. 

Gempa hari Selasa terasa di Sao Jorge serta di pulau-pulau terdekat Terceira, Pico dan Faial, yang juga vulkanik.

Orang tua dan mereka yang memiliki mobilitas terbatas telah dievakuasi dari Velas, kotamadya di mana sebagian besar aktivitas seismik telah dicatat. Selain itu, banyak penduduk setempat telah meninggalkan pulau itu dalam ketakutan.

Baca Juga: Mengenal Vulkanisme: Pengertian, Jenis Erupsi, dan Tipe Gunung serta Letusannya

"Kekuatan gempa telah sedikit berkurang ... tetapi penduduk harus tetap waspada, mereka tidak boleh bersantai," kata Eduardo Farias, kepala otoritas Perlindungan Sipil Azores.

Di sebuah sekolah di Velas, aktivitas kelas dihentikan dan beberapa ruangan sekolah akan diubah menjadi pusat kesehatan.

Francisco Fonseca, presiden layanan kesehatan Sao Jorge, mengatakan petugas kesehatan dengan pengalaman bekerja dalam bencana alam telah dikerahkan ke pulau itu.

"Seluruh situasi ini adalah tantangan," katanya. "Ini menyedihkan dan tidak biasa."

Baca Juga: Status Gunung Merapi Tetap Siaga, Warga Diminta Hindari Daerah Potensi Bahaya

Peningkatan aktivitas seismik Sao Jorge yang tiba-tiba, mengingatkan pada gempa bumi yang terdeteksi sebelum letusan pertama gunung berapi Cumbre Vieja di pulau La Palma Spanyol September lalu, sekitar 1.400 km (870 mil) tenggara Azores. 

Para ahli di Institut Vulkanologi Kepulauan Canary, Involcan, yang memantau letusan La Palma, mengatakan pada hari Selasa sekitar 20 juta meter kubik lava dapat dimuntahkan di Sao Jorge jika letusan terjadi.

Luca D'Auria, direktur departemen pengawasan gunung berapi Involcan, mengatakan kepada Reuters bahwa deformasi tanah yang disebabkan oleh aktivitas gunung berapi telah terdeteksi di Sao Jorge.

"Itu bisa berakhir tanpa hasil (...) atau bisa berakhir dengan letusan gunung berapi," katanya.

Farias mengatakan CIVISA akan menganalisis data Involcan tetapi meminta sekitar 8.400 penduduk Sao Jorge untuk tidak panik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×