Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID- HONG KONG. AIA Group melaporkan, peningkatan 14% pada nilai bisnis baru (value of new business/VONB) pada semester pertama 2025, didorong oleh permintaan yang kuat terhadap produk asuransinya di pasar utama, yakni China daratan dan Hong Kong.
Perusahaan asuransi tersebut menyebutkan, VONB yang menjadi indikator utama untuk mengukur proyeksi laba dari premi baru, mencapai US$2,84 miliar (berdasarkan kurs konstan) per 30 Juni 2025.
Baca Juga: Baru Diluncurkan, HOKI Produk Asuransi Jiwa Besutan AIA dan BCA
Angka ini naik dibandingkan US$2,46 miliar pada periode yang sama tahun lalu.
Pasar Hong Kong menjadi kontributor terbesar, dengan pertumbuhan nilai bisnis baru sebesar 24% menjadi US$1,06 miliar.
Lonjakan ini didorong oleh penjualan dari nasabah domestik maupun wisatawan asal China daratan, yang sama-sama mencatat pertumbuhan dua digit.
Sementara itu, China daratan, pasar terbesar kedua AIA berdasarkan penjualan baru, mencatat kenaikan VONB sebesar 10% pada paruh pertama tahun ini.
Baca Juga: AIA Catatkan Jumlah Anggota MDRT Terbanyak Global
Selain Hong Kong dan China daratan, AIA juga beroperasi di 18 pasar Asia, termasuk Thailand, Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Korea Selatan.
Di luar Asia, perusahaan juga hadir di Australia dan Selandia Baru, serta memiliki usaha patungan di India.
Sebagai bentuk apresiasi kepada pemegang saham, AIA mengumumkan dividen interim sebesar 49 sen Hong Kong per saham, naik 10% dibandingkan tahun sebelumnya.