kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akhir Maret 2018 Shanghai akan memiliki commuter otomatis


Minggu, 25 Maret 2018 / 10:09 WIB
 Akhir Maret 2018 Shanghai akan memiliki commuter otomatis
ILUSTRASI. Kereta cepat China


Reporter: Agung Jatmiko | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. China tengah bersiap kedatangan satu moda transportasi otomatis, yakni kereta otomatis. Kereta otomatis atau Automated People Mover (APM) akan segera hadir di jaringan commuter Shanghai.

Mengutip Xinhua, Jumat (24/3), jaringan commuter Shanghai akan kedatangan kereta otomatis pada akhir Maret 2018 dalam perjalanan percobaan (trial). Shanghai Shentong Metro Group, perusahaan yang mengoperasikan jaringan kereta Shanghai mengungkapkan, persiapan baik dari keamanan serta kelaikan telah dilakukan sejak jauh hari. Dengan demikian, trial yang akan dilangsungkan akhir Maret nanti akan segera diikuti dengan pengoperasian secara efektif.

APM Shanghai ini akan beroperasi di jaringan sepanjang 6,8 Km melewati enam stasiun sepanjang Huizhen Road dan Shendu Highway Station, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pujiang Line. APM ini sudah melalui tes kelayakan serta mendapat approval dari para ahli.

Seluruh operasi APM dikendalikan secara jarak jauh oleh ruang pengiriman pusat. Kereta ini dirancang untuk mencapai otomatisasi lengkap, tetapi selama beberapa bulan pertama kereta akan memiliki petugas di peron dan di kereta untuk memandu penumpang jika keadaan tak terduga terjadi.

Mengutip kantor berita Shine, Jumat (24/3), tidak seperti kebanyakan jalur APM di seluruh dunia di mana penumpang tidak dapat berpindah dari satu gerbong ke gerbong lainnya, empat gerbong di Pujiang Line terhubung sepenuhnya dan penumpang dapat bergerak dengan bebas.

Xi Wei, manajer proyek Pujiang Line, mengatakan ada banyak komunitas perumahan di sepanjang rute tersebut. Dengan memanfaatkan teknologi APM, Pujiang Line mampu mengatur jarak antara setiap stasiun lebih dekat untuk menyediakan lebih banyak fasilitas bagi penduduk.


 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×