kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45950,15   -24,18   -2.48%
  • EMAS989.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Akhirnya Valuasi Ford Bisa Kembali Menyalip GM


Rabu, 29 Desember 2021 / 10:37 WIB
Akhirnya Valuasi Ford Bisa Kembali Menyalip GM
ILUSTRASI. Logo Ford. REUTERS/Aly Song


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Valuasi Ford Motor Co. menyalip saingannya General Motors Co. (GM) untuk pertama kalinya dalam lima tahun. Hal tersebut didorong dengan melonjaknya saham Ford.

Mengutip Bloomberg (29/12), Ford memiliki nilai pasar US$ 83 miliar pada penutupan di New York hanya sedikit di atas GM yang memiliki valuasi US$ 82,9 miliar. Terakhir kali Ford dinilai lebih dari saingannya yang berbasis di Detroit adalah pada 14 September 2016, ketika Ford menutup hari dengan kapitalisasi pasar US$ 48,2 miliar.

Saham Ford telah naik lebih dari dua kali lipat tahun ini dan telah diperdagangkan tertinggi sekitar 20 tahun. Mereka sempat terpuruk sejak Jim Farley menjadi chief executive officer 14 bulan lalu dan mempercepat dorongan Ford ke kendaraan listrik (EV). 

Baca Juga: 13 Juta Penduduk di Kota China Ini dalam Penguncian Covid-19, Terbesar sejak Wuhan

Produsen mobil ini telah menjual tahun pertama pikap F-150 listriknya, memulai debutnya musim semi ini. Mereka pun berencana untuk memproduksi 600.000 EV setiap tahun pada tahun 2024.

Sementara itu, GM memiliki visi untuk menjadi serba-listrik pada pertengahan dekade ke depan. Namun, kepergian mendadak kepala unit self-driving-nya Cruise mengejutkan investor tepat sebelum persetujuan yang diharapkan untuk peluncuran layanan Robotaxi di San Francisco .

Valuasi Ford dan GM masih tertinggal dari produsen truk listrik Rivian Automotive Inc., yang go public pada November dalam IPO terbesar tahun ini. Rivian saat ini memiliki valuasi sekitar US$ 92,6 miliar sedangkan Tesla Inc., produsen mobil terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar, mempersempit persaingan dengan penilaian mencapai US$ 1,09 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×