kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aksi demonstrasi di Myanmar kembali berlanjut pasca kerusuhan kudeta paling berdarah


Senin, 01 Maret 2021 / 12:40 WIB
Aksi demonstrasi di Myanmar kembali berlanjut pasca kerusuhan kudeta paling berdarah
ILUSTRASI. Myanmar. REUTERS/Stringer


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para pengunjuk rasa melakukan long march di Myanmar pada hari Senin menentang tindakan kekerasan oleh pasukan keamanan yang menewaskan sedikitnya 18 orang sehari sebelumnya.

Bentrokan terjadi di berbagai bagian negara pada hari Minggu dan polisi melepaskan tembakan ke kerumunan di kota terbesar Yangon, setelah gas air mata dan tembakan peringatan gagal untuk membubarkan pengunjuk rasa yang menuntut pemulihan pemerintahan Aung San Suu Kyi.

Polisi dengan meriam air dan kendaraan militer dimobilisasi di titik-titik protes di Yangon pada hari Senin, sementara demonstran berbaris di Kale, di barat laut Myanmar, memegang foto Suu Kyi dan meneriakkan "demokrasi, tujuan kami, tujuan kami".

Video di Facebook menunjukkan kerumunan kecil bertopi keras berkumpul di seberang jalan di Lashio, Negara Bagian Shan, meneriakkan slogan-slogan saat polisi berbaris ke arah mereka.

Baca Juga: Hari terkelam sejak kudeta, 18 pengunjuk rasa tewas di Myanmar

“Sudah satu bulan sejak kudeta. Mereka menindak kami dengan penembakan kemarin. Kami akan keluar hari ini lagi,” pemimpin protes Ei Thinzar Maung memposting di Facebook.

Myanmar berada dalam kekacauan sejak tentara merebut kekuasaan dan menahan pemimpin terpilih Suu Kyi dan sebagian besar kepemimpinan partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) miliknya pada 1 Februari, menuduh adanya kecurangan dalam pemilihan November yang dimenangkan partainya secara telak.

Karena tidak terlihat di depan umum sejak penahanannya, Suu Kyi memiliki sidang pengadilan yang dijadwalkan pada hari Senin. Dia telah dituduh mengimpor enam radio walkie-talkie secara ilegal dan melanggar undang-undang bencana alam dengan melanggar protokol virus corona.

Kudeta, yang menghentikan langkah tentatif menuju demokrasi setelah hampir 50 tahun pemerintahan militer, telah menarik ratusan ribu demonstran ke jalan dan kecaman dari negara-negara Barat.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengutuk apa yang disebutnya "kekerasan menjijikkan" oleh pasukan keamanan, sementara menteri luar negeri Kanada, Marc Garneau, mengatakan penggunaan kekuatan mematikan oleh militer terhadap rakyatnya sendiri "mengerikan". Keduanya menyerukan tanggapan bersatu.

Selanjutnya: Gerakan solidaritas antara para aktivitis di Asia melawan kediktatoran




TERBARU

[X]
×