kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Aksi rusuh meluas, bursa saham Hong Kong di zona merah


Rabu, 02 Oktober 2019 / 13:40 WIB

Aksi rusuh meluas, bursa saham Hong Kong di zona merah
ILUSTRASI. Bursa Hong Kong HKEX Hang Seng


KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Bursa saham Hong Kong tak mampu bangkit pada transaksi Rabu (2/10). Data yang dihimpun Reuters menunjukkan, siang ini, indeks Hang Seng mencatatkan penurunan 0,3% menjadi 26.022,33. Sebelumnya, indeks acuan Hong Kong ini sempat menyentuh level terendahnya sejak 4 September lalu.

Sementara itu, indeks Hang Seng China Enterprises turun 0,1%. Sejumlah sektor juga melemah. Indeks sektor teknologi dan informasi, misalnya, mengalami penurunan sebesar 0,6%. Penurunan juga dialami sektor finansial dan properti dengan penurunan masing-masing sebesar 0,4%.

Baca Juga: IHSG turun mendekati level 6.100 pada akhir perdagangan sesi I

Bursa Hong Kong melempem akibat kondisi keamanan dalam negeri yang tidak kondusif. Seperti yang diberitakan sebelumnya, melansir Reuters, aksi kejar-kejaran menyebar dari distrik perbelanjaan Causeway Bay ke area Admiralty yang merupakan pusat kantor pemerintahan Hong Kong, kemudian ke New Territories yang berbatasan dengan daratan China.

Dalam kejadian ini, polisi menembakkan gas air mata dan water cannon ke para aktivis yang melempar bom molotov.

Tidak hanya sentimen dalam negeri, faktor eksternal juga berpengaruh terhadap bursa Hong Kong. Salah satunya adalah kecemasan mengenai perlambatan ekonomi AS setelah indeks Institute for Supply Management's (ISM) dari aktivitas manufaktur, mencatatkan pelemahan sebesar 1,3 poin ke posisi 47,8. Ini merupakan level terendah sejak Juni 2009 lalu.

Baca Juga: Bursa Asia kompak melemah pada pertengahan pekan

Faktor ini pula yang menyebabkan bursa Asia tak bertenaga. Data Reuters menunjukkan indeks MSCI Asia Pacific di luar bursa Jepang melemah 0,6%. Adapun indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,5%.


Sumber : Reuters
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×