kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akuisisi ESOP Direct, Qapita Jadi Pemimpin Pasar di India


Kamis, 28 Juli 2022 / 13:10 WIB
Akuisisi ESOP Direct, Qapita Jadi Pemimpin Pasar di India
ILUSTRASI. CEO Qapita Ravi Ravulaparthi?(tengah) bersama COO?Lakshman Gupta (kanan) dan?CTO Vamsee Mohan.


Reporter: Ignatia Ivani | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Qapita perusahaan manajemen ekuitas mengakuisisi ESOP Direct yang berbasis di India dalam transaksi penuh secara tunai pada Rabu (27/7).

Melalui akuisisi ini, Qapita yang didukung oleh modal ventura East Ventures inimemperoleh kepemilikan penuh atas operasi entitas ESOP Direct dari para pemegang sahamnya.

Dengan begitu, Qapita akan menjadi pemimpin pasar di wilayah Inida dengan melayani klien yang terdaftar maupun tidak terdaftar. Tentu ini sebagai langkah Qapita untuk memperluas basis pelanggannya di India dan Asia Tenggara menjadi 1.200 pelanggan.

Entitas gabungan ini juga akan mengelola lebih dari US$ 12 miliar milik ESOP serta mengelola lebih dari 130.000 pemilik karyawan.

Bersamaan dengan ini, Qapita juga akan menambah tim menjadi lebih dari 220 orang profesional untuk memperkuat kehadirannya di berbagai kota yang ramai oleh startup terkemuka di India. Seperti Bangalore, Hyderabad, New Delhi, Mumbai, Pune dan Chennai, selain kehadirannya di Asia Tenggara seperti Singapura dan Jakarta.

Baca Juga: East Ventures dan Vertex Ventures Turut Serta dalam Pendanaan Awal Platform Pintarnya

CEO & Co-Founder Qapita Ravi Ravulaparthi mengapresiasi tim ESOP Direct telah menginisiasi kompensasi saham dan melayani perusahaan-perusahaan terkemuka di kawasan ini. Ia pun berharap kolaborasi kedunya mampu menciptakan lebih banyak pemilik ekuitas serta membantu perusahaan berkembang.

“Akuisisi kami ini merupakan langkah penting untuk mewujudkan visi kami untuk menciptakan sebuah platform terpadu untuk semua masalah ekuitas untuk membantu pasar swasta. Melengkapi pengetahuan dengan teknologi canggih memungkinkan kami melayani pelanggan melalui siklus kehidupan perusahaannya, mulai dari penggabungan, likuiditas, hingga IPO dan seterusnya,” ujarnya.

Menanggapi akuisisi ini, Harshu Ghate Co-Founder dan Managing Director ESOP Direct mengungkapkan penggabungan dua bisnis ini akan semakin melengkapi kekuatan satu sama lain dalam memberikan layanan transaksi keuangan melalui platform terpadu.

"Langkah ini merupakan perkembangan logis dari model bisnis kami saat ini serta sejalan dengan tren global di domain ini. Keahlian yang mendalam dalam domain ini, serta pemikiran kami sekarang akan dimanfaatkan di luar pasar India dan Asia Tenggara. Dan berupaya untuk terus memberikan solusi demi keberhasilan rencana kepemilikan saham oleh karyawan dari klien kami,” jelasnya.

COO dan Co-Founder Qapita Lakshman Kanamarlapudi pun menyebutkan bahwa Qapita berada di posisi yang tepat untuk menciptakan sebuah platform terpadu dan semua masalah ekuitas. Adapun persoalan tersebut, seperti CapTables, ESOP, hingga masalah kepatuhan serta akuntansi yang pada akhirnya mengarah pada solusi likuiditas.
Ia pun tak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada investor yang telah mempercayakannya sebagai pemimpin pasar di wilayah India.

"Saya juga ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada para investor kami atas dukungan berkelanjutan mereka dalam melaksanakan visi dari tim kami,” tutupnya.

Qapita didukung oleh investor modal ventura dan lembaga keuangan terkemuka seperti East Ventures, Vulcan Capital, MassMutual Ventures, Endiya Partners, Citibank, NYCA Capital serta angel investor terkemuka dari India dan Asia Tenggara.




TERBARU

[X]
×