kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Alami kendala teknis, helikopter Black Hawk AS mendarat darurat di pusat kota Bukares


Jumat, 16 Juli 2021 / 11:09 WIB
Alami kendala teknis, helikopter Black Hawk AS mendarat darurat di pusat kota Bukares
ILUSTRASI. Petugas pemadam kebakaran Rumania terlihat di dekat helikopter militer Black Hawk yang melakukan pendaratan darurat di pusat Bukares, Rumania, 15 Juli 2021.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - BUKARES. Satu unit helikopter Black Hawk milik militer AS terpaksa mendarat darurat di pusat kota Bukares, Rumania, pada hari Kamis (15/7) waktu setempat, karena mengalami kendala teknis.

Dilansir dari Reuters, pendaratan Black Hawk di jalanan utama kota menyebabkan dua tiang lampu jalan roboh dan sempat menghentikan lalu lintas. Beruntung, insiden ini tidak menimbulkan korban.

Halikopter Black Hawk tersebut adalah bagian dari kelompok enam yang sedang berlatih menjelang acara untuk menandai hari Angkatan Udara Rumania dan akhir dari kehadiran militer Rumania di Afghanistan pada 20-21 Juli.

Saksi mata yang melihat kejadian mengatakan bahwa helikopter tiba-tiba kehilangan kontrol ketinggian dan terbang rendah di atas mobil sampai mendarat di bundaran pusat kota yang telah dibersihkan oleh polisi lalu lintas.

Pihak kepolisian setempat mengatakan bahwa Black Hawk mengalami kendala teknis.

Baca Juga: Siapkan helikopter siluman baru, China dituding meniru helikopter Black Hawk milik AS

Rumania yang menjadi anggota NATO sejak tahun 2004, telah menjadi tuan rumah pusat komando NATO dan stasiun rudal balistik AS.

Hubungan militer Rumania dan AS juga terbilang cukup dekat, menjadikan Rumania salah satu mitra utama AS di Eropa.

Pihak kedutaan AS di Bukares mengatakan telah bekerja sama dengan otoritas setempat untuk menyelesaikan masalah pendaratan darurat helikopter yang sempat mengganggu aktivitas publik.

Penyelidik militer juga telah berada di lokasi pendaratan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. Lalu lintas akan dibatasi sampai helikopter dipindahkan.

Akibat insiden ini, juru bicara Kementerian Pertahanan Rumania, Brigadir Jenderal Constantin Spinu, mengatakan telah membatalkan partisipasi semua pesawat dalam dua upacara yang direncanakan.

Selanjutnya: Rusia kerahkan 2 jet tempur, cegat pembom strategis AS di atas Laut Bering




TERBARU

[X]
×