kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aliansi AS-Korsel menduga Korea Utara siap luncurkan kapal selam baru


Minggu, 18 April 2021 / 12:30 WIB
Aliansi AS-Korsel menduga Korea Utara siap luncurkan kapal selam baru


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Aliansi Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan baru-baru ini mengungkapkan, Korea Utara tidak lama lagi akan memperkenalkan unit kapal selam baru dengan bobot 3.000 ton.

Melansir Yonhap, pada Minggu (11/4), otoritas intelijen kedua negara yakin peluncuran kapal selam baru tersebut tinggal menunggu waktu yang tepat. Artinya, pembangunan sudah selesai.

Penilaian tersebut muncul setelah sebuah lembaga think tank AS mengatakan, Korea Utara telah memindahkan tongkang uji rudal submersible di lokasi uji misilnya ke posisi yang berbeda.

Pemindahan itu diduga terkait dengan rencana uji coba rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM) yang akan datang.

"Otoritas intelijen Korea Selatan dan AS membuat penilaian bahwa Korea Utara telah selesai membangun kapal selam seberat 3.000 ton yang diungkap pada Juli 2019," ungkap sumber tersebut, seperti dikutip Yonhap.

Baca Juga: Pentagon tegaskan pentingnya latihan militer untuk meindungi Semenanjung Korea

Pihak berwenang dari aliansi ini menilai, Korea Utara sedang meninjau waktu yang tepat untuk meluncurkan kapal selam agar bisa memberi efek yang strategis, termasuk memberi tekanan terhadap AS.

Sumber tersebut menambahkan, dalam upacara perkenalannya nanti, kapal selam baru juga akan ditemani dengan SLBM baru sejenis Pukguksong-3.

Gerak-gerik Korea Utara ini rupanya telah terpantau sejak bulan lalu. Situs pemantau Korea Utara asal AS, 38 North, melaporkan, dok kering di galangan kapal Sinpo Utara di pantai Timur telah diubah posisinya di sepanjang dermaga peluncuran kapal selam.

Situs itu menyebutkan, langkah itu bisa mengindikasikan kapal selam rudal balistik baru Korea Utara mungkin hampir selesai atau siap untuk diluncurkan dan diluncurkan dalam waktu dekat.

Bukan cuma itu, proyek think tank Beyond Parallel pekan lalu juga mengungkapkan, Korea Utara telah memindahkan tongkang uji coba rudal submersible di galangan kapal di pantai Timurnya. Laporan tersebut juga disertai dengan citra satelit.

Selanjutnya: Kapal induk China ketiga mulai dibangun, seperti ini kemampuannya




TERBARU

[X]
×