Sumber: Reuters | Editor: Dessy Rosalina
HONG KONG. Alibaba Group Holding terus unjuk gigi. Aksi terbaru, raksasa e-commerce terbesar di China ini membeli ChinaVision Media Group Ltd. Alibaba membeli 60% saham ChinaVision seharga US$ 804 juta. Aksi ini tak lepas dari ambisi Alibaba memperluas saluran bisnis di tengah persaingan ketat industri internet.
Sebagai pemegang saham mayoritas ChinaVision, Alibaba kini bisa meraup untung dari bisnis film dan konten televisi (TV). Minat Alibaba berbisnis TV telah terlihat sejak tahun lalu. Pada Juli 2013, Alibaba meluncurkan layanan TV berbasis internet. Alibaba berencana memperluas layanan TV di kanal sistem operasi ponsel.
Pasca transaksi, saham ChinaVision melonjak lebih dari tiga kali lipat ke level HK$2,27 di bursa Hong Kong, Rabu (12/3).
Yang menarik, Tencent Holdings, kompetitor Alibaba sekaligus penguasa pasar internet China, memutuskan mengurangi kepemilikan saham di ChinaVision dari 8% menjadi 3%.