Amankan Pasok Lithium, Tesla Gandeng Liontown Australia

Rabu, 16 Februari 2022 | 10:26 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Amankan Pasok Lithium, Tesla Gandeng Liontown Australia

ILUSTRASI. Tesla gandeng Liontown Resources Australia untuk menjadi memasok konsentrat lithium spodumene.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Liontown Resources Australia mengumumkan telah menandatangani perjanjian dengan pabrik Tesla untuk memasok konsentrat lithium spodumene. Kontrak dengan produsen mobil listrik tersebut akan berjalan selama lima tahun.

Rabu (16/2), Tesla akan membeli 100.000 metrik ton kering (DMT) konsentrat pada tahun pertama mulai 2024. Mengutip Reuters, selanjutnya, Tesla akan meningkat pembelian menjadi 150.000 DMT per tahun di tahun berikutnya.

Rencananya, Liontown bakal memasok lithium dari proyek andalannya Kathleen Valley Lithium di Australia Barat yang diharapkan mulai produksi komersial pada tahun 2025. Pasokan ke Tesla akan mencapai sekitar sepertiga dari kapasitas produksi tahunan di proyek tersebut.

Sebelumnya, Liontown juga sudah memiliki kesepakatan pasokan lithium dengan unit baterai LG Chem Korea Selatan dari proyek tersebut.

Baca Juga: Tesla Kembali Recall Mobil di US, Kali Ini Masalah Software Bisa Menggangu Kaca Depan

Sekadar informasi, harga lithium telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir, dengan pemasok berebut untuk memenuhi permintaan karena pembuat mobil condong ke kendaraan listrik. Harganya sekitar delapan kali lebih tinggi dari pada awal 2021.

Setelah pengumuman penandatanganan tersebut, Saham Liontown melonjak 19,8% menjadi A$ 1,665, lonjakan intraday terbesar sejak 13 September 2021.

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru