Bisnis

Amazon Meluncurkan Jasa Pengiriman Udara di India

Senin, 23 Januari 2023 | 16:03 WIB Sumber: Channelnewsasia.com,Reuters
Amazon Meluncurkan Jasa Pengiriman Udara di India

ILUSTRASI. Amazon saat ia berusaha untuk memperluas dan mempercepat pengiriman di salah satu pasar pentingnya India. REUTERS/Pascal Rossignol/File Photo


KONTAN.CO.ID - BENGALURU. Amazon saat ia berusaha untuk memperluas dan mempercepat pengiriman di salah satu pasar pentingnya. India adalah pasar ketiga setelah Amerika Serikat dan Eropa, di mana perusahaan telah meluncurkan Amazon Air. 

Perusahaan yang berkedudukan di Seattle, yang mulai menyediakan layanan tersebut pada tahun 2016 di AS, mengoperasikan jaringan lebih dari 110 jet yang terbang ke lebih dari 70 lokasi di seluruh dunia. 

Amazon telah bekerja sama dengan Quikjet Cargo Airline Private Ltd, sebuah maskapai pengiriman barang berbasis di Bengaluru, yang akan menggunakan satu jet Boeing 737-800 untuk terbang, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. 

Baca Juga: Gelombang PHK Perusahaan Teknologi Global Diprediksi Makin Besar Tahun Ini

Quikjet akan mentransportasi pengiriman pelanggan Amazon ke Hyderabad, Bengaluru, Delhi, dan Mumbai, kata Amazon dalam sebuah rilis media. Pengecer online yang bersaing dengan Flipkart yang dimiliki Walmart Inc di India, mengatakan peluncuran Amazon Air akan mendukung lebih dari 1,1 juta penjual di negara tersebut. 

Amazon, yang menggunakan jasa pengiriman darat sendiri untuk pengiriman, juga bekerja sama dengan Blue Dart Express Ltd yang dikontrol oleh Deutsche Post DHL Group, salah satu maskapai pengiriman udara terbesar di India.

Amazon Air diharapkan dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi pengiriman di India, sekaligus memperkuat posisi kompetitifnya di pasar tersebut. Amazon telah berinvestasi besar di India, dengan rencana untuk meningkatkan infrastruktur pengiriman dan logistik untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya di sana.

Selain itu, Amazon Air juga diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mengatasi masalah pengiriman yang sering terjadi di India, seperti hambatan regulasi dan infrastruktur yang kurang baik. Dengan mengoperasikan jasa pengiriman udara sendiri, Amazon diharapkan dapat mengontrol seluruh proses pengiriman dari awal hingga akhir, termasuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi selama pengiriman.

Namun, Amazon harus berhadapan dengan persaingan ketat dari pemain lokal lainnya, seperti Flipkart dan Reliance Retail, serta harus memenuhi persyaratan regulasi yang ketat di India. Namun, dengan rencana untuk meningkatkan infrastruktur dan efisiensi pengiriman, Amazon diharapkan dapat memperkuat posisinya di pasar India dan menjadi pemain utama dalam bisnis e-commerce di sana.

Secara keseluruhan, diluncurkannya Amazon Air di India merupakan langkah penting bagi perusahaan untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi pengiriman di pasar tersebut, serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Ini akan membantu Amazon untuk meningkatkan pangsa pasarnya di India dan menjadi pemain utama dalam bisnis e-commerce di sana.

Baca Juga: PHK Massal Menerpa Microsoft Corp. 10.000 Karyawan Segera Dipecat

Peluncuran Amazon Air di India juga merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk meningkatkan kapasitas pengiriman dan logistik globalnya. Amazon Air sebelumnya sudah diluncurkan di Amerika Serikat dan Eropa dan diharapkan dapat digunakan untuk mendukung pengiriman produk Amazon di seluruh dunia.

Selain itu, dengan mengoperasikan jasa pengiriman udara sendiri, Amazon juga diharapkan dapat mengontrol seluruh proses pengiriman dari awal hingga akhir, termasuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi selama pengiriman. Ini akan membantu Amazon untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya pengiriman.

Secara keseluruhan, Amazon Air diharapkan dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan posisinya di pasar India dan meningkatkan pangsa pasarnya di pasar e-commerce global.

Selanjutnya: Harga Saham Susut, Cashlez Worldwide Indonesia (CASH) Batalkan Rencana Rights Issue

Editor: Handoyo .

Terbaru