CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,18   6,97   0.69%
  • EMAS984.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amerika Serikat Akan Sediakan 400 Juta Masker N95 Gratis untuk Memerangi Covid-19


Rabu, 19 Januari 2022 / 17:17 WIB
Amerika Serikat Akan Sediakan 400 Juta Masker N95 Gratis untuk Memerangi Covid-19
ILUSTRASI. Warga mengenakan masker di Los Angeles, California, Amerika Serikat. REUTERS/Lucy Nicholson


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pemerintah Amerika Serikat akan menyediakan 400 juta masker N95 non bedah dari cadangan strategis nasionalnya yang tersedia secara gratis untuk umum mulai pekan depan.

Seorang pejabat Gedung Putih seperti diberitakan Reuters, Rabu (19/1) mengungkapkan, langkah ini menjadi upaya terbaru pemerintah Biden untuk membantu memerangi pandemi Covid-19.

Pejabat tersebut mengatakan, masker wajah akan dikirim ke apotek dan pusat kesehatan masyarakat pekan ini, dan siap untuk diambil akhir pekan depan.

Langkah itu dilakukan setelah Presiden Joe Biden dan timnya menghadapi kritik karena tidak berbuat cukup untuk mendorong penggunaan masker atau mendukung pengujian saat varian Omicron mengamuk di seluruh negeri.

Mengatasi kritik dan gelombang itu, pemerintah telah menyediakan tes gratis melalui situs web yang diluncurkan secara resmi pada hari Rabu di samping pengumumannya tentang penggelaran masker dari cadangan strategis.

Baca Juga: Senat Amerika Serikat Ingin Batasi Aplikasi Store Apple dan Google, Kenapa?

"Ini adalah penyebaran alat pelindung diri terbesar dalam sejarah AS," kata pejabat itu.

"Untuk memastikan akses masker ini mudah dan nyaman, pemerintah memanfaatkan program farmasi ritel federal dan program pusat kesehatan masyarakat federal, sehingga masker gratis tersedia di banyak lokasi yang nyaman dan tepercaya yang sama dengan yang dikunjungi orang Amerika untuk divaksinasi dan ditingkatkan," kata pejabat itu.

Masker akan tersedia di puluhan ribu apotek dan ribuan pusat kesehatan masyarakat dengan persediaan tersedia pada akhir minggu depan, kata pejabat itu. 
"Program ini akan sepenuhnya aktif dan berjalan pada awal Februari."

Masker seperti N95 yang membentuk segel di sekitar hidung dan mulut dianggap sangat efektif mencegah penyebaran virus. Minggu lalu Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan  agar orang Amerika memakai "masker paling protektif" sebisa mungkin.

Tim Biden sebelumnya mengatakan ada banyak pasokan untuk berbagi masker.

Rumah sakit telah pulih dari kekurangan N95 saat awal pandemi, tetapi beberapa eksekutif mengatakan kepada Reuters bahwa rantai pasokan perawatan kesehatan tetap rapuh dan bahwa rumah sakit kecil dan didanai dengan buruk paling berisiko jika orang Amerika menjadikan N95 sebagai masker "sehari-hari" mereka.

Pembuat masker AS mengatakan kepada Reuters bahwa mereka memiliki mesin untuk membuat jutaan N95 setiap bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×