kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,32   0,03   0.00%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amerika Serikat Membantu Galang Dana US$ 3,1 Miliar untuk Merespons Pandemi Global


Kamis, 12 Mei 2022 / 18:49 WIB
Amerika Serikat Membantu Galang Dana US$ 3,1 Miliar untuk Merespons Pandemi Global
ILUSTRASI. Sepasang warga berjalan bersama dengan Gedung Kongres AS. REUTERS/Kevin Lamarque


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Amerika Serikat membantu mengumpulkan dana lebih dari US$ 3,1 miliar dalam komitmen untuk tanggapan pandemi internasional menjelang KTT global Covid-19 kedua, tetapi Kongres AS perlu mengesahkan lebih banyak dana, menurut seorang pejabat senior Gedung Putih.

Mengutip Reuters, Kamis (12/5), KTT, yang diselenggarakan bersama oleh Amerika Serikat, Belize, Jerman, Indonesia, dan Senegal, akan diadakan secara virtual pada hari Kamis bagi negara-negara untuk membahas upaya mengakhiri pandemi dan mempersiapkan ancaman kesehatan di masa depan.

Ini diatur untuk membangun upaya dan komitmen yang dibuat pada KTT global pertama pada bulan September, termasuk membuat lebih banyak orang divaksinasi, mengirim tes dan perawatan ke populasi berisiko tertinggi, memperluas perlindungan kepada petugas kesehatan, dan menghasilkan pembiayaan untuk kesiapsiagaan pandemi.

“Hingga saat ini, KTT tersebut telah menghasilkan komitmen dana baru lebih dari US$ 3,1 miliar. Ini adalah tambahan dari apa yang telah diangkat di poin lain pada tahun 2022, mereka berada di atas komitmen yang ada,” kata pejabat itu, yang tidak mengungkapkan sumber dana baru.

Baca Juga: Bertolak ke Amerika Serikat, Jokowi akan Hadiri KTT ASEAN-AS

"Itu tidak akan terjadi tanpa kepemimpinan AS. Tetapi jika AS ingin tetap menjadi pemimpin, melindungi orang Amerika dan dunia dari ancaman penyakit berbahaya, kami membutuhkan Kongres untuk bertindak sekarang untuk menyediakan lebih banyak dana untuk tanggapan Covid."

Presiden Joe Biden meminta dana tanggapan Covid-19 tambahan lebih dari US$ 22,5 miliar kepada Kongres, termasuk US$ 5 miliar untuk bantuan internasional, tetapi anggota parlemen gagal meloloskan tagihan pendanaan apa pun dan mereka yang merundingkan paket tersebut tidak dapat menyepakati cara membayar untuk global tanggapan.

Amerika Serikat akan menyumbangkan tambahan US$ 200 juta untuk dana kesehatan global untuk kesiapsiagaan pandemi di masa depan di Bank Dunia, kata pejabat senior administrasi, sehingga total kontribusinya menjadi US$ 450 juta.

"Tujuan menyeluruh dari KTT itu ada dua; satu adalah untuk melipatgandakan upaya kami untuk mengendalikan Covid-19 dan yang kedua adalah untuk memastikan dunia siap menghadapi pandemi berikutnya," kata pejabat itu kepada wartawan melalui panggilan pers.

Baca Juga: Persiapan KTT G20, Jokowi Jalin Komunikasi dengan Beberapa Pemimpin Negara

Setidaknya 14 negara lain, Kanada, Kolombia, India, Italia, Jepang, Selandia Baru, Nigeria, Norwegia, Palau, Rwanda, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, dan Tanzania, serta Organisasi Kesehatan Dunia, Komisi Eropa, perusahaan sektor swasta seperti Google, dan organisasi non-pemerintah seperti Bill and Melinda Gates Foundation, akan menghadiri pertemuan tersebut.

Amerika Serikat telah mengirimkan lebih dari 500 juta dosis vaksin ke lebih dari 100 negara sebagai bagian dari 1,2 miliar dosis yang dijanjikan pada pertemuan puncak pertama pada bulan September dan telah berkomitmen lebih dari US$ 19 miliar dalam pendanaan untuk vaksin, tes, perawatan, dan bentuk lain dari vaksin. bantuan, kata pejabat itu.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×